Ucapan Baru Bos Huawei Soal Hongmeng OS, Bukan Pengganti Android?

0
462
Copyright ©Befren

Sempat Diuji di Beberapa Perangkat Smartphone, Tapi Kok Beda Lagi Pernyataannya?

Oketekno – Sejak adanya berita tentang penarikan lisensi sistem operasi Android dari perusahaan Huawei, pembicaraan tentang sistem operasi besutannya sendiri bernama Hongmeng OS menjadi hangat di berbagai kalangan. Disebut-sebut kalau sistem operasi inilah yang akan menggantikannya di Smartphone generasi mendatang.

Namun beberapa waktu terakhir ini ada kabar kalau ternyata Huawei masih belum tentu menerapkan Hongmeng OS sebagai pengganti sistem operasi Android pada Smartphone besutannya ketika benar-benar terblokir oleh Amerika Serikat, sehingga tidak bisa meneruskan kerjasama dengan Google nantinya.

Simak Nih: Wujud Nyata Huawei Mate 30 Terungkap, Masih Punya Poni Besar di Layar

“Kami belum menentukan apakah Hongmeng dapat dikembangkan sebagai sistem operasi Smartphone di masa depan,” seperti itulah yang dikatakan oleh Liang Hua selaku Chairman Huawei. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kalau sang vendor memang benar akan menjadikan sistem operasi terbarunya ini sebagai alternatif dari Android OS.

Hongmeng OS Notif
Copyright ©Mastel

Perlu diketahui bahwa pernyataan Chairman Liang ini senada dengan apa yang telah dikatakan oleh Ren Zhengfei, CEO Huawei beberapa waktu kemarin. Telah dikatakan kalau Hongmeng OS besutannya ini memang dibuat bukan sebagai pengganti sistem operasi Android.

Ketahui Yuk: Huawei Segera Luncurkan Smartphone 5G Pertamanya

Melihat pernyataan para petinggi tersebut, tentu saja sampai kini terlihat perusahaan asal China ini masih belum memiliki rencana yang jelas untuk terlepas dari Google nantinya. Dan hal tersebut jelas berbeda dari apa yang telah dikatakan oleh Richard Yi selaku CEO Bisnis Konsumen Huawei, dimana menegaskan kalau musim gugur tahun ini, OS Hongmeng sudah siap dan tersedia di pasaran.

Bukan cuman itu saja, Richard juga telah menyatakan kalau sistem operasi besutannya ini sudah mulai tahap pengembangan sejak tahun 2012 silam, dan diklaim dapat menjalankan seluruh aplikasi Android. Bahkan untuk segi kecepatannya sendiri 60% lebih cepat ketimbang OS besutan Google tersebut.

Dengan demikian, informasi terkait kehadiran Hongmeng OS yang pada dasarnya sudah cukup jelas dijalankan di perangkat Smartphone Huawei dan siap rilis perdana bulan depan atau mungkin bulan Oktober 2019 mendatang di China, menjadi rancu lagi dan tidak ada kepastian.

baca juga: Selain Hongmeng, Huawei Juga Patenkan Harmony OS Sebagai Pengganti Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.