Kata Pemerintah Soal Cek IMEI yang Belum Bisa Dilakukan

0
485
Happy Girl With Smartphone
Copyright ©shutterstock

Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

Oketekno – Mungkin para pengguna Smartphone Android ataupun iOS di Indonesia sudah pada mengetahui kalau bulan depan pemerintah akan memberlakukan pemblokiran terhadap sederet Ponsel Black Market di Indonesia. Dimana ketika perangkat yang digunakan ini tidak terdaftar di database pemerintah, maka tidak akan mendapatkan sinyal.

Ini berkaitan dengan IMEI, yang mana ketika nomor IMEI milik mereka tidak terdaftar di database Kemenperin, maka bisa dipastikan kalau perangkat tersebut adalah Ponsel Black Market. Berkaitan dengan hal tersebut, kalian tidak usah panik guys, sebab selama masih bisa mengoperasikan perangkat secara lancar ya sudah.

Simak Nih: Begini Nasib Ponsel Turis Ketika Masuk Indonesia Setelah Aturan IMEI Berlaku

Kemarin memang sempat dibahas terkait cara memeriksa IMEI Ponsel apakah terdaftar di database pemerintahan atau tidak. Namun hingga kini situs tersebut masih belum bisa diakses, sehingga sebagian pengguna merasa kecewa dan juga was-was. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Kementerian Perindustrian telah memberikan pernyataan yang diharapkan bisa buat masyarakat lebih tenang.

Kemenperin IMEI Check Status
Copyright ©kemenperin

“Kalau yang sudah pakai kartu SIM Card atau sudah masuk jaringan operator, nggak perlu khawatir dan nggak perlu cek IMEI juga, karena HP mereka akan tetap aktif sampai peraturan berlaku,” seperti itulah yang dikatakan oleh Najamudin selaku Kepala Subdirektorat Industri Peralatan Informasi dan Komunikasi, Perkantoran, dan Elektronika Profesional Kemenperin.

Ketahui Yuk: Pengguna Ponsel Black Market Wajib Tau Hal Ini

Bukan cuman itu saja, ia juga telah memastikan kalau para pedagang HP Resmi juga tidak perlu khawatir akan produknya, sebab sudah terdaftar di database pemerintahan untuk nomor IMEI, sehingga konsumen tetap bisa mengaktifkan nomor ponselnya di perangkat tersebut nantinya. Beda dengan pedagang Ponsel Black Market yang harus memikirkan cara untuk memasarkan persediaan miliknya.

“Untuk pedagang dengan HP resmi (dapatnya dari produsen resmi), nggak perlu cek IMEI. Kan yang repot, toko dengan HP bodong/tidak bayar pajak, tidak terdaftar di Kemenperin. Apa mau cek IMEI juga?” ucap Najamudin.

Sekedar pengetahuan bahwa ada 3 Kementerian yang terlibat dalam upaya pemblokiran Ponsel Black Market di Indonesia ini, mulai dari Kemenperin, Kominfo, hingga Kemendag. Dan pembantu terpenting dalam rencana ini adalah seluruh operator telekomunikasi Indonesia.

baca juga: Jangan Beli! 4 Smartphone Android Ini Bakal Diblokir Pemerintah Bulan Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.