Layanan YouTube Vs Televisi, Sudah Tertinggal Jauh?

0
323
YouTube TV
Copyright ©AndroidGuys

Membandingkan YouTube dan Televisi

Oketekno – Dulu layanan Televisi memang menjadi favorit banyak kalangan, ketika liburan sebagian besar anak ataupun orang akan memilih di rumah saja untuk menikmati tayangan yang ada di televisi. Akan tetapi sejak kehadiran YouTube semuanya berubah secara perlahan, mulai banyak yang meninggalkan platform tersebut.

Kalau dipertimbangkan sih memang layanan streaming terpopuler di Dunia ini lebih unggul dibanding Televisi, dikarenakan konten yang disajikan juga lebih menarik kebanyakan. Selain itu, platform ini juga bisa menjadi ladang penghasilan bagi para konten kreator dengan mudah tanpa harus melewati berbagai macam casting dan segalanya.

Simak Nih: Cara Mengubah Bahasa di Aplikasi YouTube Android dan iOS

Bukan sampai dari situ saja, platform YouTube juga memiliki tayangan iklan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Televisi dimana yang terkadang siaran utamanya lebih cepat jika dibandingkan dengan siaran iklannya. Inilah salah satu faktor terbesar kenapa sebagian dari mereka memutuskan untuk hengkang dan beralih ke platform lebih menjanjikan.

YouTube TV
Copyright ©TechHive

Kemudian untuk kelebihan lainnya yakni terletak pada aplikasi YouTube, dimana pengguna dapat menikmati tayangan kesukaannya dimana saja dan kapan saja, asalkan masih terhubung dengan jaringan internet. Beda dengan Televisi yang mengharuskan kita berada di suatu tempat tanpa bisa berpindah-pindah (kecuali nonton TV di Smartphone).

Ketahui Yuk: Aplikasi YouTube Vs IGTV, Mana yang Lebih Boros Kuota?

Lalu untuk tayangannya sendiri pengguna YouTube bisa lebih menyesuaikannya, kapan harus nonton hiburan, kapan harus nonton edukasi, dan lainnya. Berbeda dengan tayangan TV dimana penonton yang harus taat dengan jadwal tayangannya, misal untuk berita di siang hari, sinetron di pagi dan sore hari, dan semacamnya.

Namun disamping itu, YouTube termasuk salah satu layanan paling boros kuota internet sehingga pengguna tidak bisa menikmatinya seharian penuh. Beda dengan televisi yang cuman membutuhkan antena saja dan itu gratis, sedangkan untuk daya tidak perlu khawatir karena kebanyakan TV sekarang menggunakan teknologi LCD dan LED yang lebih hemat daya ketimbang CRT.

Dan aplikasi YouTube tentu tidak dapat menyingkirkan Televisi sepenuhya, sebab meski perkembangannya lambat namun cukup menjanjikan untuk membuatnya bertahan di pasaran. Misal seperti tayangan TV kabel, tayangan eksklusif (siaran bola misalnya), dan beberapa hal lainnya. Jadi kalau dibilang ketinggalan jauh sih tidak juga, karena masih banyak kelebihan TV yang tidak dimiliki oleh platform streaming.

baca juga: Tips Hemat Kuota Internet Saat Streaming YouTube

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.