Lebih Berbahaya Mana, Facebook atau FaceApp?

0
767
FaceApp
Copyright ©The Week

Facebook Masih Lebih Berbahaya Ketimbang FaceApp

Oketekno – Tingkat popularitas aplikasi FaceApp beberapa waktu terakhir ini memang melambung tinggi, banyak orang yang kembali menggunakan layanan ini untuk mengubah wajahnya menjadi berbagai macam ekspresi, ada yang lebih tua, lebih muda, tersenyum dan lainnya. Banyak diantara mereka membagikan momen ini di Facebook mereka masing-masing.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa sebenarnya layanan FaceApp ini cukup berbahaya, dikarenakan memang memanfaatkan data analisa wajah penggunanya untuk memprosesnya. Bahkan untuk hasil yang diprosesnya kini lebih mantap jika dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya dimana juga viral di sosial media.

Simak Nih: Janji Facebook Soal Perilisan Libra dan Calibra

Ketika pengguna mengambil gambar dirinya, kemudian ingin memproses menjadi lebih tua atau yang lain, hasil foto tersebut akan dikirimkan ke server pusat untuk dilakukan pengeditan. Nah, jalur inilah yang cukup mengkhawatirkan untuk diretas oleh pihak ketiga. Parahnya lagi adalah, dalam ketentuan disebutkan kalau pengembang bisa menjual atau mendistribusikan foto dari penggunanya.

FaceApp
Copyright ©Forbes

Bukan sampai disitu saja, bahkan untuk setiap foto yang dikirimkan oleh pengguna untuk diproses ini tidak langsung dihapus dari server-nya, sehingga bisa saja dilihat kembali, dianalisa, atau mungkin kejadian yang lain. Meski demikian Facebook disebut memiliki permasalahan yang lebih parah lagi.

Ketahui Yuk: Cara Edit Foto Wajah Gampang Pakai FaceApp

Menurut pakar keamanan siber Pratama Persadha, kejadian yang dilakukan oleh FaceApp sebagai layanan gratis memang wajar saja, salah satu untuk mendapatkan keuntungan yakni menjual foto pengguna untuk tujuan komersial. Namun Facebook dinilai lebih parah karena memproses data penggunanya dan menjual ke pihak ketiga.

Oleh karena itulah dikatakan kalau sebenarnya FaceApp ini tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan Facebook, Instagram, hingga Google. Meski demikian, sebaiknya tidak menggunakan aplikasi ini demi keamanan masing-masing. Disisi lain, platform besar di Dunia itu juga jelas melindungi setiap data pengguna yang disimpannya, terlebih mereka tidak ingin melanggar peraturan AS.

Kemudian dalam keterangan penutupnya, ia telah mengatakan kalau “Secara umum, apa yang dituangkan FaceApp adalah hal biasa dan banyak dilakukan aplikasi lain, seperti akses ke kamera dan kontak smartphone.”

baca juga: Alasan Facebook Disebut ‘Bagai Anak Kecil Main Korek Api’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.