Lagi Viral, Pakai Aplikasi FaceApp Berpotensi Bahayakan Diri?

0
706
FaceApp Face
Copyright ©Health Magazine

Disarankan Untuk Hindari Penggunaan FaceApp

Oketekno – Ketika membuka layanan sosial media saat ini, besar kemungkinannya kalian akan mendapati wajah-wajah tua dari teman kalian. Hal itu tidak lain dikarenakan memang viralnya aplikasi pengubah wajah bernama FaceApp. Aplikasi edit foto tersebut memiliki kemampuan untuk merubah wajah seseorang dalam beberapa kondisi.

Akan tetapi ditengah viralnya aplikasi tersebut, ternyata ada perbincangan mengkhawatirkan terkait layanan ini. Sebagian besar kalangan waspada dan khawatir terkait privasi dirinya ketika menggunakan aplikasi ini, sebab memang berkaitan dengan wajah dan juga server yang tidak dengan segera menghapus data yang dikirimkan oleh pengguna untuk diolah.

Simak Nih: Lebih Berbahaya Mana, Facebook atau FaceApp?

Arab Saudi menjadi salah satu negara yang sudah memperingatkan warganya untuk tidak menggunakan salah satu aplikasi edit foto terbaik satu ini. Peringatan tersebut telah disampaikan oleh The National Cybersecurity Authority (NCA) yang merupakan otoritas keamanan siber Arab Saudi.

FaceApp Danger
Copyright ©Kumparan

Telah dikatakan oleh NCA kalau foto yang digunakan atau diunggah oleh setiap pengguna ke server dari aplikasi tersebut, bisa disalahgunakan. Disisi lain, mereka juga menyarankan untuk tidak memberikan akses ke file penyimpanan foto dan video pribadi miliknya yang ada di memori internal atau eksternal.

Ketahui Yuk: Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Hilangkan Objek yang Mengganggu

“FaceApp, aplikasi penuaan wajah dan banyak aplikasi serupa lainnya sedang tren dan digunakan oleh pengguna seluruh dunia tanpa memperhatikan persyaratan layanan aplikasi dan hak-hak mereka sendiri,” seperti itulah yang dikatakan oleh Muhammad Khurram Khan selaku Profesor Cybersecurity dari King Saud University, sebagaimana dilansir dari Arab News.

Kemudian Khan juga telah menilai kalau untuk penjelasan privasi dari aplikasi FaceApp ini sendiri juga tidak jelas, terutama dalam tata caranya untuk melindungi data pengguna. Walaupun begitu, perusahaan telah mengklaim kalau data apa saja yang dikumpulkan ini tidak digunakan untuk melakukan identifikasi setiap pengguna tertentu.

Meski demikian, alangkah lebih baik kalau kita lebih waspada lagi terhadap aplikasi FaceApp, terutama dalam memberikan akses aplikasi ini ke piranti penyimpanan ponsel. Bukan cuman aplikasi edit foto ini saja, melainkan untuk layanan lain yang berhubungan langsung dengan internet.

baca juga: Cara Edit Foto Wajah Gampang Pakai FaceApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.