Karena Tak Mampu Jaga Privasi Anak, YouTube Dijatuhi Denda

0
266
YouTube Aman Untuk Anak
Copyright©OKetekno

Google Kena Denda Karena Ulah YouTube

Oketekno – Tidak mudah memang untuk menjadi platform yang begitu besar tanggung jawabnya, apalagi semua kalangan telah digasaknya untuk menjadi pelanggan, tentu harus dilakukan pembagian team agar lebih fokus dalam pengurusan di kalangan tertentu. Seperti layanan YouTube ini misalnya yang mana belum lama ini di dera masalah.

Federal Trade Commission (FTC) akan mengenakan denda terhadap induk perusahaan YouTube, Google. Hal ini berkaitan dengan pelanggaran platform streaming media terpopuler di Dunia itu yang tidak bisa melindungi data anak-anak dengan baik.

Baca Juga: Pengguna Bisa Beralih Audio ke Video Lebih Mudah di YouTube Music

Sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Washington Post, FTC telah melakukan operasi lapangan untuk memeriksa apakah benar platform YouTube telah melanggar undang-undang terkait pengumpulan data terhadap anak-anak yang masih berusia dibawah 13 tahun.

YouTube FTC
Copyright ©The New York Times

Dan ternyata hasil dari penyelidikan ini ditemukan kalau Google dan YouTube telah melakukan pelanggaran, dan tidak mampu melindungi anak-anak dengan layar, dikarenakan perusahaan ini tetap mengumpulkan data mereka. Jelas ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA).

Baca Juga: Cara Mengubah Bahasa di Aplikasi YouTube Android dan iOS

Perlu diketahui bahwa FTC telah menerima banyak keluhan soal privasi anak-anak di platform YouTube selama beberapa tahun terakhir ini. Untuk data-data yang dikumpulkan dari anak di bawah umur ini sendiri tentu saja digunakan oleh penyedia platform untuk memberikan konten iklan yang lebih personalisasi, alias sesuai dengan minat anak tersebut sehingga berpotensi mendapatkan klik lebih besar.

Namun disisi lain, pihak YouTube ataupun Google tidak berkomentar sama sekali terkait permasalahan kali ini. Kemudian untuk jumlah denda yang dikenakan sendiri juga masih belum jelas, namun melihat kesalahannya yang cukup fatal bisa saja mencapai jutaan dollar Amerika.

Sebelumnya, dikatakan kalau layanan streaming media terpopuler di Dunia ini akan memindahkan seluruh konten ramah anak ke YouTube Kids. Akan tetapi rencana tersebut masih menjadi perdebatan internal, karena ada beberapa pihak yang tidak setuju terkait rencana ini.

baca juga: Bisa Banget, Seperti Inilah Cara Upload Video YouTube Lewat HP Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.