Yang di Khawatirkan Ketika Bisa Kirim Uang Mudah Lewat WhatsApp

0
318
WhatsApp UPI
Copyright ©Entrackr

WhatsApp Pay Bermasalah di India

Oketekno – Sebagai pengembang platform, tentunya pihak Facebook ingin layanan yang berada di bawah naungannya terus berkembang menjadi lebih baik dan diandalkan oleh banyak masyarakat. Akan tetapi sering kali beberapa ide yang dimilikinya dan sudah mulai diuji, mendatangkan kritikan dari beberapa pihak.

Kehadiran WhatsApp Pay menjadi salah satu fitur yang menjadi paling di khawatirkan oleh penggunanya. Untuk fitur ini sudah diuji di India dalam jumlah pengguna kecil, dan akan diperluas lagi pengujiannya pada akhir tahun mendatang.

Simak Nih: Terhubung ke WhatsApp Web Tak Lagi Perlu Pindai Kode QR?

Perlu diketahui bahwa dengan adanya layanan WhatsApp Payment ini, pengguna bisa melakukan transaksi dengan sangat mudah. Setiap pengguna bisa melakukan kirim uang layaknya berkirim pesan saja, kalau memang sudah ada saldo yang dipersiapkan sebelumnya. Nah, dengan adanya kemudahan inilah yang menjadi kekhawatiran beberapa pihak.

WhatsApp Pay
Copyright ©thenews

Dari informasi yang dikutip dari Economic Times, pihak berwenang di India telah mengkhawatirkan kalau WhatsApp Pay ini nantinya bisa berbagi data dengan keluarga besarnya, seperti Facebook dan Instagram yang berada dibawah naungan perusahaan yang sama. Dengan demikian, keamanan, privasi dan informasi non komersial pengguna berada dalam ancaman.

Berkaitan dengan hal tersebut, dikatakan kalau pemerintah India sudah meminta agar National Payments Corporation of India yang mengurus sistem pembayaran online ataupun pelunasan di Negaranya, mengamati dan mempertimbangkan serta memastikan data yang dikumpulkan oleh layanan pembayaran WhatsApp Pay dan Google Pay tidak dibagikan kepada pihak lain.

Untuk pihak WhatsApp sendiri diketahui sudah mengajukan layanan pembayaran berdasarkan Unified Payments Interface (UPI), dimana ini merupakan transfer dana secara real time yang bisa dilakukan dari akun bank satu ke akun bank yang lainnya dengan lebih mudah. Namun, pembahasan ini akan dilanjutkan di jajaran tinggi pemerintah India dengan pihak terkait tentang nasib kelanjutannya dari meluasnya sistem pembayaran tersebut.

baca juga: Trik Mengetahui Last Seen WhatsApp Teman yang Disembunyikan, 100% Berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.