Pengguna iPhone Harap Hati-Hati, Apple Masih Abaikan Celah Keamanan Ini

0
421
Copyright ©pexels

Apple Belum Benahi Celah Ke 6 di iOS 12

Oketekno – Perangkat Smartphone iPhone memang memiliki sistem keamanan lebih dipercaya ketimbang perangkat Android oleh beberapa kalangan, ini dikarenakan memang sistem operasi yang dipakai tertutup alias tidak bersifat open source. Akan tetapi bukan berarti perangkat besutan Apple ini tidak memiliki celah keamanan sama sekali.

Beberapa waktu lalu, peneliti keamanan Google telah menemukan sejumlah celah keamanan yang cukup fatal di perangkat smartphone iPhone. Akan tetapi yang jadi permasalahannya yakni hingga kini diketahui Apple masih belum juga menambal celah keamanan tersebut, padahal ini resikonya cukup besar terhadap penggunanya.

Simak Nih: Sederet Fitur yang Diduga Bakal Hadir di iPhone 11

Dari keterangan yang dikutip dari Independent.co.uk, peneliti keamanan dari Google Project Zero telah menemukan ada setidaknya 6 permasalahan terjadi pada aplikasi iMessage milik Apple. Dan untuk 5 permasalahan sudah diperbaiki oleh sang vendor melalui update sistem iOS 12.4 yang mulai digulirkan sejak pekan kemarin.

iPhone 6s Store
Copyright ©telegraph

Kemudian untuk 1 celah yang masih tersisa ini cukup membahayakan dimana para pengguna perangkat iPhone bisa secara mendadak mengalami crash, file corrupt, dan lain sebagainya tanpa melakukan apapun. “Masalah ini bisa dieksploitasi dengan sejumlah cara, termasuk secara jarak jauh mengakses file atau membuat perangkat menjadi crash,” begitulah informasi yang disampaikan.

Ketahui Yuk: Sudah Bisa Dicoba, Begini Cara Pasang iOS 13 di Smartphone iPhone

Salah satu peneliti yang menemukan celah ini, Natalie Silvanovich telah mengatakan kalau celah ini tanpa interaksi. Yang berarti Smartphone besutan Apple ini bisa saja tereksploitasi tanpa disadari oleh pengguna, sebab script berbahaya bisa masuk kapanpun tanpa harus dengan bantu pengendalian penggunanya.

Dari keterangan yang didapatkan dari The Verge, untuk 5 celah keamanan lain di perangkat iPhone sudah dijelaskan secara rinci oleh Apple. Akan tetapi untuk bug keenamnya kemungkinan masih dalam proses perbaikan dari sang vendor.

Meski demikian, para pengguna Smartphone iPhone diharapkan untuk segera update ke sistem operasi iOS 12.4 yang sudah digulirkan agar tidak memiliki banyak bug di perangkat miliknya.

baca juga: Samsung Denda Apple Terkait iPhone XS, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.