WhatsApp Gulirkan Notif Baru Untuk Pesan yang Diteruskan

0
362
Aplikasi WhatsApp iOS
Copyright ©The Verge

Fitur Baru Untuk Notifikasi Chat WhatsApp

Oketekno – Sekarang ini salah satu tantangan terbesar yang diberikan terhadap setiap platform yakni mencegah adanya penyebaran berita palsu yang meresahkan masyarakat, terutama di Negara-Negara berkembang. Bukan cuman Facebook, Twitter, ataupun Instagram yang sifatnya terbuka, melainkan WhatsApp juga demikian.

Bahkan kemarin lalu WhatsApp sempat menjadi ancaman serius bagi pemerintah Indonesia dalam menenangkan aksi pedemo di beberapa titik karena suatu permasalahan, sampai-sampai Kominfo melakukan pemblokiran terhadap beberapa layanan komunikasi yang ada di Indonesia.

Simak Nih: Bukan Sekedar Rumor, Fitur Ini Memang Bakal Hadir di WhatsApp

Dan belum lama ini ada informasi terbaru yang menyatakan kalau WhatsApp sudah menghadirkan fitur baru lainnya yang berfungsi sebagai penangkal Hoax. Fitur yang dimaksudkan disini adalah pemberian label terhadap pesan yang sering diteruskan oleh pengguna.

Forwarded Message
Copyright ©IndianExpress

Menurut keterangan yang dilansir dari Indianexpress.com, untuk penyebaran fitur ini masih belum dilakukan secara luas, melainkan hanya di Negara India saja untuk sementara ini, dan itupun di Negeri Taj Mahal tersebut juga masih belum semuanya kebagian.

“Jadi kalau pengguna ingin forward message yang sebelumnya sudah diteruskan beberapa kali, WhatsApp bakal memberi notifikasi ke pengguna bahwa pesan itu akan ditandai dengan ‘sudah diteruskan berulang kali’,” seperti itulah keterangan yang diberikan oleh media tersebut.

Ketahui Yuk: Facebook Segera Mulai Rencana Fitur Pembayaran di WhatsApp

Seperti yang kita tahu bahwa sebelumnya WhatsApp juga telah melakukan pengujian terhadap pemberian label “frequently forwarded” terhadap pesan yang sering diteruskan antara satu penggua ke yang lain. Akan tetapi untuk fitur ini sedikit berbeda dimana ada panah ikon ganda yang akan muncul, seperti yang bisa dilihat dalam gambar tersebut.

Juru bicara WhatsApp sendiri juga sudah menjelaskan tentang kehadiran fitur barunya itu, ia mengatakan kalau “Baru-baru ini kami menggulirkan sebuah pembaruan label pesan terusan untuk membantu orang melakukan identifikasi ketika menerima pesan yang sebelumnya sudah diteruskan berulang kali, seperti pesan berantai. Forward message yang sudah berulang kali diteruskan ini akan ditandai dengan ikon panah ganda dan pengguna juga akan mendapatkan pemberitahuan ketika mereka hendak meneruskan lagi pesan semacam itu.”

Untuk ikon panah ganda ini nantinya akan muncul ketika pesan text, gambar, video, dan lainnya sudah diteruskan lebih dari 5x di platform WhatsApp. Meski demikian, pesan tetap akan terjaga kerahasiannya sebab tidak ikut dimunculkan jumlah persis pengguna yang telah meneruskannya.

baca juga: Awas! Marak Penipuan WhatsApp Tawarkan Kuota Ribuan GB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.