Facebook Tingkatkan Fokus Untuk Perbaiki Sistem Keamanannya

0
212
Facebook
Copyright ©Cnet

Ada Beberapa Langkah yang Ditempuh Facebook

Oketekno – Dikarenakan jumlah penggunanya yang sangat banyak sekali, membuat platform Facebook menjadi fokus perhatian Dunia. Terlebih ketika mengalami permasalahan yang besar, tentunya mereka akan langsung memperhatikan berbagai macam kemungkinan yang bakal terjadi pada akun miliknya di platform tersebut.

Seperti tahun kemarin contohnya dimana ada sebanyak 87 juta data pengguna telah dibocorkan oleh Facebook sendiri terhadap firma analis Cambridge Analytica. Bukan secara cuma-cuma, melainkan data ini dijual oleh sang raksasa sosmed itu dengan penawaran harga yang sangat murah sekali. Atas kejadian tersebut, kini banyak pengguna FB yang memutuskan untuk menutup akun.

Simak Nih: Facebook Bentuk Tim Khusus Ciptakan Aplikasi Baru

Bukan cuman itu saja, kini perusahaan sosial media terbesar di Dunia ini juga harus menanggung resikonya dengan pembayaran denda terbesar sepanjang sejarahnya, USD 5 miliar. Meski begitu, tidak membuat platform ini malah mengalami penurunan, berdasarkan laporan keuangan kuartal kemarin, perusahaannya malah mengalami peningkatan pendapatan sekian persen.

Facebook Log
Copyright ©REUTERS

Jauh hari sebelum dikenakan denda, Facebook sudah mulai berusaha untuk memperbaiki sistem keamanannya. Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawabnya untuk melindungi data pengguna yang disimpan di database-nya. Beberapa diantaranya yang dilakukan yakni, pertama yang jelas menghentikan seluruh kerjasama dengan perusahaan analis data.

Ketahui Yuk: Facebook Segera Rilis Perangkat Baru Untuk Streaming?

Kemudian yang kedua adalah Facebook telah melakukan audit terhadap seluruh aplikasi pihak ketiga yang terpasang dengan cara melakukan pemblokiran terhadap seluruh pengembang yang dianggap berpotensi menyalahgunakan data penggunanya. Lalu, platform ini juga akan mematikan akses pengguna terhadap suatu aplikasi kalau tidak dipakai selama 3 bulan berturut-turut.

Dan langkah berikutnya untuk mencegah adanya celah keamanan parah yang berpotensi peretasan data pengguna, platform sosial media ini mengadakan program bug bounty, dimana mereka yang bisa menemukan kesalahan dalam pembaruan sistem ataupun aplikasi, akan diberikan reward dalam jumlah tertentu.

Diharapkan dengan langkah-langkah seperti ini, Facebook bisa menjadi platform yang lebih aman dan terpercaya untuk membantu mempermudah pengguna dalam kesehariannya, sebab fungsinya sebagai sosial media ini banyak sekali.

baca juga: Orang Ini Bakal Jelaskan Mekanisme Pengintaian Facebook, Penasaran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.