Sudah Bisa, Yuk Cek IMEI Lagi di Kemenperin

0
1284
Cek IMEI Ponsel Black Market
Copyright ©paykey

Situs Pemeriksaan IMEI Masih Belum Stabil

Oketekno – Setelah mengalami down selama beberapa pekan, pada akhirnya kini para pengguna Smartphone Android ataupun iOS di Indonesia sudah bisa melakukan pemeriksaan nomor IMEI untuk memastikan apakah perangkat miliknya termasuk Ponsel Black Market atau bukan.

Untuk situs pemeriksa nomor IMEI ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sebelum perbaikan kemarin, tampilannya lebih sederhana dan dan simple, bahkan untuk informasi terkait detail produk yang disampaikan juga tidak ada. Jadi kalian cuman disajikan apakah nomor telah terdaftar di database Kemenperin atau tidak, itu saja.

Simak Nih: Begini Nasib Ponsel Turis Ketika Masuk Indonesia Setelah Aturan IMEI Berlaku

Bahkan Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin bernama Janu Suryanto telah memberikan konfirmasi terkait situs cek IMEI Ponsel Black Market atau tidak yang sudah bisa diakses kembali. Ia mengatakan “Sudah (bisa diakses lagi).”

Situs Cek IMEI Kemenperin
Copyright ©Istimewa

Sekarang ini Kemenperin telah berusaha untuk mengumpulkan seluruh nomor IMEI dari ponsel yang resmi terdaftar dan beredar luas di Indonesia berdasarkan sertifikat TKDN. Dan proses penyeleksian terhadap ponsel Black Market menggunakan mesin DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocking System) sudah mulai dikembangkan dalam tahap lanjut. Kemudian ada sistem open source platform yang merupakan pemberian dari Qualcomm untuk membantu melancarkan program tersebut.

Ketahui Yuk: Kata Pemerintah Soal Cek IMEI yang Belum Bisa Dilakukan

Akan tetapi disini ada yang masih mengganjal dalam situs imei.kemenperin.go.id, sebab berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim Oketekno, hasilnya nomor IMEI tidak terdaftarkan di database Kemenperin. Padahal ponsel yang diperiksa ini sudah bergaransi resmi MI Indonesia.

Berkaitan dengan masalah tersebut, Janu telah menyatakan kalau memang sistem proses pencarian database belum stabil karena banyaknya yang mengakses sistem tersebut. “Kalau tidak salah ada 1,7 miliar IMEI. Jadi, perlu waktu akses, cek, dan tampil,” begitulah ungkap Janu.

Dalam kesempatan yang sama, Kemenperin juga mengaku masih menunggu surat balasan dari Dirjen Pajak mengenai kejelasan nasib Ponsel Black Market yang sudah jelas-jelas terbukti melanggar peraturan yang berlaku di Indonesia.

Link Pemeriksa IMEI: https://imei.kemenperin.go.id

baca juga: Cara Periksa IMEI HP Kalian di Data Pemerintahan, Ponsel Black Market atau Tidak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.