Panggilan di Facebook Messenger dan WhatsApp Dibatasi Apple, Kenapa?

0
817
Copyright ©Fortune

Pengguna iPhone dan iPad Bakal Dibatasi dari WhatsApp dan FB Messenger

OketeknoFacebook sekarang ini menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, bahkan Dunia. Sang raksasa sosial media ini telah berfokus dan terus memberikan pembaruan terhadap layanannya sehingga menjadi lebih bermanfaat dan menjadi andalan setiap kalangan.

Akan tetapi kini Apple telah berencana untuk membatasi pelayanan dari platform yang disediakan oleh Facebook untuk pengguna perangkatnya, iPhone ataupun iPad. Dalam pembaruan sistem operasi di masa mendatang, fitur yang terdapat dalam aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan juga Messenger bakal dibatasi.

Simak Nih: Facebook Hapus Acara Penyerbuan Markas Alien, Sembrono?

Menurut informasi yang dilansir dari Reuters, fitur WhatsApp dan Facebook Messenger yang akan dilakukan pembatasan adalah kemampuannya untuk melakukan panggilan via internet. Alasannya yakni kedua platform tersebut ternyata tetap berjalan di background meski penggunanya tidak melakukan panggilan melalui aplikasi yang dimaksud.

iPhone FB Messenger
Copyright ©Lifewire

Dengan demikian, aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger memang bisa lebih cepat menghubungkan panggilan. Akan tetapi yang cukup mengkhawatirkan adalah dengan adanya kemampuan ini juga bisa digunakan untuk mengumpulkan data pengguna selama beraktivitas di internet.

Oleh karena pemasalahan itulah, Apple hendak melakukan pembatasan terhadap akses latar belakang terhadap aplikasi WhatsApp dan juga Facebook Messenger ketika penggunanya melakukan panggilan melalui jaringan internet.

Ketahui Yuk: Orang Ini Bakal Jelaskan Mekanisme Pengintaian Facebook, Penasaran?

Meski demikian, ketika dimintai keterangan lebih lanjut soal permasalahan ini, pihak Apple ataupun Facebook masih belum memberikan komentar apapun. Namun dengan adanya perubahan ini, tentu sang raksasa jejaring sosial tersebut secara tidak langsung didesak agar melakukan perubahan terhadap layanan platform pesan instant miliknya itu.

Tentu dengan adanya pembatasan ini akan ada beberapa hal yang akan terjadi, dan salah satu yang paling penting adalah proses impelementasi enkripsi end-to-end milik WhatsApp yang dilakukan ketika proses panggilan suara ataupun video secara langsung.

Namun secara keseluruhan pengguna tidak akan merasakan perubahan yang besar terhadap pembatasan Apple terhadap layanan WhatsApp ataupun Facebook Messenger, hanya saja kemungkinan sedikit tersendat bisa juga terjadi terhadap pengguna.

baca juga: Facebook Tingkatkan Fokus Untuk Perbaiki Sistem Keamanannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.