Waspada! Ini Dia Celah Keamanan Baru di Aplikasi WhatsApp

0
278
New WhatsApp Bug
Copyright ©Piunikaweb

Celah Keamanan WhatsApp Bisa Bikin Pesan Hoax Mudah

Oketekno – Walaupun sudah dijaga dengan baik, akan tetapi bukan tidak mungkin kalau platform pesan instant seperti WhatsApp tereksploitasi sehingga bisa menjadikan pesan pengguna terancam diintip oleh pihak ketiga. Seperti yang belum lama ini terjadi dimana melibatkan fitur reply untuk masuk ke celah keamanan yang dimaksud.

Untuk celah keamanan ini telah ditemukan oleh perusahaan Cyber Checkpoint, dimana yang menunjukkan contoh penggunaannya di Black Hat, yakni sebuah konferensi keamanan siber yang cukup bergengsi di Las Vegas, Amerika Serikat.

Simak Nih: Beberapa Fitur Penting di WhatsApp yang Jarang Dipakai Penggunanya

Telah ditunjukkan dalam demonstrasinya tersebut kalau cara ini memang bisa digunakan untuk memanipulasi serta menyebarkan dengan cepat informasi kebohongan yang bisa merugikan pihak-pihak tertentu pastinya. Memang pesan yang dikirimkan tidak akan berubah, akan tetapi kalau saat disematkan untuk reply, isi pesannya menjadi lain.

Attackers
Copyright ©YouTube

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam video publik tersebut, dimana seorang pegawai telah meminta kepada atasannya untuk kenaikan gaji. Dan dengan rendah hati, petinggi tersebut telah menaikkannya sebesar $500, akan tetapi ketika dijadikan reply angka tersebut bisa berubah sesuai dengan keinginannya. Dan dalam demo tersebut nilainya diubah menjadi $1500.

Ketahui Yuk: Kini Pesan Teks WhatsApp Bisa Langsung Bersuara Sendiri

Bukan cuman melalui jalur pribadi saja, melainkan untuk celah keamanan ini berlaku pada fitur reply yang ada di grup whatsapp, dimana bisa saja terjadi kesalahpahaman antara pengguna satu dengan yang lain, sehingga akan terjadi miss komunikasi dalam grup tersebut.

“Ini adalah celah keamanan yang membuat pengguna nakal bisa menciptakan berita bohong dan penipuan,” seperti itulah yang dikatakan oleh Oded Vanunu selaku peneliti dari Checkpoint. Dan ia juga menambahkan kalau semua karakter bisa diubah dengan mudah melalui celah keamanannya ini.

Bukan cuman isi pesan WhatsApp saja yang bisa diganti, melainkan identifikasi si pengirim sendiri juga dapat dilakukan perubahan. Tentu ini akan menjadi sangat berbahaya, meski untuk melakukannya tidak mudah akan tetapi ada saja kalangan tertentu yang paham dan akan memanfaatkannya guna mengacaukan suatu golongan.

baca juga: Panggilan di Facebook Messenger dan WhatsApp Dibatasi Apple, Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.