Facebook dan WhatsApp Kalah! YouTube Jadi yang Paling Aktif di Indonesia

0
417
Facebook YouTube
Copyright ©Epiphan

Platform Facebook Masih Kalah dengan YouTube

Oketekno – Kalau membahas layanan internet, memang ada banyak sekali yang populer di Indonesia. Akan tetapi jika masalah platform sosial media dan pesan instant, tentu hanya ada beberapa yang digemari oleh masyarakat, diantaranya yakni Facebook, YouTube, Twitter, WhatsApp, Instagram, Telegram, Line, dan beberapa platform lain.

Melihat berita yang beredar luas, sering disebut Facebook menjadi raksasa sosial media Dunia, dikarenakan memang jumlahnya yang begitu banyak, meski sudah terlanda masalah besar sekalipun posisinya tetap di puncak. Namun ternyata kalau di Indonesia, platform media sosial terpopuler adalah YouTube.

Simak Nih: Tanggapan Kemkominfo Ketika KPI Incar YouTube dan Netflix

Ini berdasarkan informasi yang dilakukan oleh periset Hootsuite (We Are Social) dimana telah dipublikasikan pada bulan Februari 2019 silam. Untuk presentase yang didapatkannya yakni mencapai 88%, sedangkan di bawahnya disusul oleh WhatsApp dengan jumlah populasi 83%, sedangkan Facebook di posisi ketiga dengan angka 81%, disusul Instagram dengan angka 80%.

Sosial Media Indonesia
Copyright ©Hootsuite

Albertus Magnus Prestianta selaku Dosen Program Studi Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara, telah mengatakan kalau berdasarkan riset tersebut, nantinya jumlah pengguna platform YouTube berpotensi untuk terus mengalami peningkatan kedepannya.

Ketahui Yuk: Download Video YouTube Full HD Kini Tak Perlu Aplikasi Lain

“Menakar Potensi Kanal YouTube sebagai Sumber Pendapatan Pasif Media,” seperti itulah tulis Albertus dalam makalahnya sebagaimana dilansir dari VIVA.co.id. Selain itu, ia juga mengatakan kalau pengguna platform media streaming terpopuler ini telah mendapatkan waktu rata-rata penggunaan sebesar 59 menit setiap harinya.

Selain itu, Albertus juga menyinggung soal pendapatan yang telah didapatkan oleh para youtubers di Tanah Air. Ia mengatakan kalau jumlah subscribers juga berpengaruh terhadap hasil pendapatan Adsense mereka, semakin tinggi pengikut maka semakin besar pula pendapatan yang bakal didapatkan.

Kalau dilihat sih memang demikian dimana pengguna YouTube lebih besar di Tanah Air, pasalnya platform Facebook kebanyakan videonya juga berasal dari layanan streaming milik Google tersebut. Sebagian besar pengguna FB mengunggah ulang video, untuk dimonetisasi dan mendapatkan pendapatan di platform Facebook.

baca juga: Streaming Khusus Game di Aplikasi YouTube Android Sekarang Sudah Bisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.