Huawei Rilis Cadangan Sistem Operasi Android

0
362
HarmonyOS by Huawei
Copyright ©MElectronics

Pekan Kemarin HarmonyOS Dirilis Huawei

Oketekno – Beberapa waktu lalu Huawei sempat mengatakan sendiri kalau pihaknya sampai sekarang ini masih dilema terkait kerjasamanya dengan Google, apakah bisa dilanjutkan lagi atau mungkin sudah tidak bisa lantaran kebijakan dari pemerintah Amerika Serikat.

Sebelumnya memang sudah ada semacam pemberian harapan terkait kerjasama perusahaan asal China dengan perusahaan asal Amerika Serikat dari sang Presiden, Donald Trump. Akan tetapi hingga kini masih belum ada hasil tentang masalah tersebut.

Simak Nih: Alami Masalah dengan AS, Pendapatan Huawei Malah Ningkat?

Dikarenakan tenggat waktu yang diberikan sudah semakin dekat, maka Huawei langsung merilis sistem operasi besutannya sendiri yang ditujukan untuk cadangan kalau sewaktu-waktu Android tidak bisa dipakai lagi di ponsel besutannya setelah bulan Agustus 2019 habis nanti.

HarmonyOS
Copyright ©XDA-Developers

Untuk namanya bukan HongmengOS yang banyak diperbincangkan, melainkan HarmonyOS. Sistem operasi ini telah resmi diluncurkan oleh Huawei dalam acara konferensi tahunan pengembang Huawei yang digelar di Dongguan, China.

Richard Yu selaku CEO Huawei dalam event perilisannya pekan kemarin telah menyampaikan kalau sistem operasi ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2017 silam, dan perangkat pertama yang bakal jalankan sistem operasi ini nanti bakal dihadirkan oleh Honor.

Ketahui Yuk: Kelahiran Smartphone Hongmeng OS Huawei Semakin Kuat, Seginikah Harganya?

Tidak hanya bisa dijalankan di perangkat Mobile saja, melainkan HarmonyOS diklaim bisa berjalan di perangkat Tablet, TV, Laptop, dan bahkan Mobil juga. Selain itu, sistem operasi ini juga berbasis microkernel sehingga dengan performa yang tinggi, akan tetapi konsumsi daya yang dibutuhkan tetap sedikit.

Sistem operasi ini sifatnya juga terbuka alias open-source, sehingga siapapun bisa melakukan penyesuaian terhadap HarmonyOS, misal seperti Xiaomi, Vivo atau OPPO yang ingin pakai OS ini juga dapat melakukan penyesuaian script agar Interface khas-nya dapat berjalan lancar.

Kemudian untuk menjaga keamanan perangkat pengguna, HarmonyOS juga sudah dilengkapi dengan TEE (Lingkungan Eksekusi Terpercaya). Lalu untuk Kompiler Arc pada sistem operasi ini juga mendukung semua bahasa pemograman, sehingga pengembang bisa lebih mudah untuk melakukan penyesuaian melalui bidang yang digemari atau dikuasainya dengan mudah.

baca juga: Huawei Punya Nama Baru Untuk Smartphone Besutannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.