Ini Dia Perangkat Pertama yang Pakai HarmonyOS, Sistem Operasi Baru Huawei

0
556
Harmony OS Huawei
Copyright ©Medcom

Honor Luncurkan TV Perdana dengan HarmonyOS

Oketekno – Pekan kemarin Huawei telah resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yang diklaim sebagai cadangan AndroidOS kalau memang setelah bulan Agustus 2019 ini tidak dapat diperpanjang alias meneruskan kerjasamanya lagi dengan Google. Untuk sistem operasi tersebut telah dinamakan HarmonyOS.

Seperti yang sudah disebutkan dalam berita sebelumnya, dimana untuk sistem operasi ini tidak hanya berjalan di perangkat mobile saja, melainkan juga di beberapa perangkat elektronik lain seperti Smart TV salah satunya.

Simak Nih: Huawei Rilis Cadangan Sistem Operasi Android

Honor Vision menjadi perangkat pertama yang menjalankan HarmonyOS dan dikomersialkan. TV ini telah hadir dengan panel layar IPS seluas 55 inci dan mendukung resolusi hingga 4K. Tingkat kecerahan dari TV Pintar ini mencapai 400 nits, memiliki sudut pandang 178 derajat, cakupan NTSC 87% serta memiliki sertifikasi TUV Rheinland sehingga cukup aman untuk mata dalam jangka waktu cukup lama.

Honor Vision TV
Copyright ©Lowyat

Kemudian untuk Honor Vision sebagai Smart TV dan juga perangkat pertama yang menjalankan HarmonyOS ini telah dibalut dengan bingkai logam yang sangat tipis (cuman 6,9mm) membuat rasio screen to body sampai sebesar 94%.

Ketahui Yuk: Xiaomi Mi 9s Bakal Pakai Chip Smartphone Gaming?

Dalam pemrosesan gambarnya yang bisa mendukung hingga resolusi 4K, anak perusahaan Huawei ini telah menggunakan chip Honghu 818. Berkat dihadirkannya chip ini, maka Smart TV bisa melakukan pemrosesan gambar canggih termasuk Estimasi Gerakan dan Kompensasi Gerakan (MEMC), Pencitraan Jangkauan Dinamis Tintti (HDR), Resolusi Super (SR), dan masih banyak lagi lainnya.

Lalu dihadirkan pula chip HiSilicon Hi1103 yang sudah mendukung 2,4GHz, 5Hz dual-band dan juga 160MHz bandwith untuk mendapatkan kecepatan download mencapai 1,7Gbps. Kecepatan ini jauh lebih tinggi dibanding Smart TV pada umumnya.

Sekarang ini Honor Vision dan juga Vision Pro sudah mulai dijual resmi di vmall. Untuk versi reguler ditawarkan dengan harga CNY 3,799 atau sekitar Rp 7,6 jutaan. Kemudian untuk versi Pro ditawarkan seharga CNY 4,799 atau sekitar Rp 9,6 jutaan. Yang membedakannya adalah kamera retractable pintar yang dihadirkan di model Pro, 6 Speaker 10W, dan juga memori internalnya.

baca juga: 3 Hal yang Buat Anak Muda Cocok Pakai Vivo S1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.