Awas! Hati-Hati Kalau Temukan Tanda Ini di WhatsApp

0
11735
WhatsApp Android
Copyright ©TechGig

Ikon yang Perlu Diwaspadai di WhatsApp

Oketekno – Mudahnya proses berbagi informasi sekarang ini ternyata tidak cuman dimanfaatkan oleh kalangan baik saja, melainkan beberapa orang ada yang memanfaatkan kemudahan ini untuk mendapatkan kepuasan pribadi dan mencelakai banyak orang. Terlebih di media WhatsApp yang jadi platform pesan instant terpopuler di Indonesia, bahkan Dunia.

Dikarenakan hal inilah, maka sebagai pengguna yang baik kalian tidak bisa menerima seluruh informasi yang ada dan didapatkan. Alangkah lebih baik kita membacanya secara teliti, membandingkannya dengan media terpercaya yang kita tahu, sebelum pada akhirnya meneruskan ke pengguna lain dan disebarkannya lebih luas lagi.

Simak Nih: Melihat Nasib Pesaing WhatsApp Asli Karya Anak Bangsa Indonesia Sekarang

Melihat layanannya yang terus dipakai untuk menyebarkan berita kebohongan, tentu Facebook sebagai induk perusahaan WhatsApp tidak akan tinggal diam, terlebih juga mendapatkan pesan dari beberapa Negara untuk ikut serta dalam memerangi hoax. Berbagai macam cara pun telah dilakukan oleh platform pesan instant ini.

Ikon Panah Ganda WhatsApp
Copyright ©VIVA

Sebelumnya pembatasan pesan sudah diterapkan di platform ini, yakni pengguna cuman bisa meneruskan pesan sebanyak 5x saja. Dan baru-baru ini aplikasi WhatsApp juga mendapatkan fitur baru yang semakin memudahkan pengguna dalam meneliti kembali pesan yang hendak diteruskan, terutama terhadap konten hoax.

Ketahui Yuk: Facebook dan WhatsApp Kalah! YouTube Jadi yang Paling Aktif di Indonesia

Persis seperti gambar, dimana ketika pesan yang diterima sudah lebih dari 5 kali maka akan muncul tanda ikon ganda seperti itu. Ini berbeda dari sebelumnya yang cuman ada 1 ikon panah saja untuk menunjukkan pesan terusan. Itulah yang dimaksud tanda berbahaya, dimana harus diwaspadai oleh setiap pengguna.

Selain tampil di penerima pesan, ikon ini juga akan muncul di menu percakapan pengirim pesan juga, dan bakal muncul peringatan “diteruskan berkali-kali” sebelum dikirim. Memang sih hal seperti ini tidak bisa memberantas pesan hoax sepenuhnya, setidaknya mampu meningkatkan kewaspadaan pengguna terhadap informasi yang diterima sebelum dikirim ke pengguna lain.

Memang tidak mudah sih untuk memberantas pesan palsu seperti itu, terlebih di platform WhatsApp yang penggunanya sudah mencapai miliaran. Pihak developer tentu tidak dapat bergerak sendiri, peran pengguna juga sangat penting untuk perangi Hoax.

baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Boomerang, Bikin Status Makin Menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.