Youtuber Tenar Dapat Perlakuan Spesial dari YouTube, Benarkah?

0
540
YouTube apk mobile
Copyright ©slashgear

YouTube Perlakukan Youtuber Tenar dengan Spesial?

Oketekno – Belum lama ini telah ada permasalahan yang muncul dari platform streaming media terpopuler di Dunia, YouTube. Bukan masalah aplikasi atau layanannya untuk publik, melainkan permasalahan perusahaan dari juga sebagian besar konten kreator terpopuler saja.

Dilansir dari Washington Post, moderator konten di YouTube telah menuding kalau pihak perusahaan memperlakukan dengan spesial untuk youtuber yang sudah memiliki pengikut banyak dan videonya sering populer di platform-nya. Perlakuan spesial ini ditujukan untuk konten yang melanggar peraturan.

Simak Nih: Banyak Kalangan Tolak KPI Urusi Tayangan YouTube dan Netflix

Para moderator ini berpendapat kalau video yang penuh dengan pelanggaran dari youtuber populer itu tidak mendapatkan hukuman yang setara dengan konten kreator lainnya. Rekomendasi dari moderator untuk menghapus iklan dari video yang melanggar aturan ini sering kali diveto ketika melibatkan para youtuber ternama. Beberapa orang yang dimaksud yakni seperti Felix ‘PewDiePie’ Kjellberg, Logan Paul, dan Steven Crowder.

YouTube Logos
Copyright ©Getty Images

Bukan cuman para moderator saja, Roberto Blake yang menjadi salah satu kreator juga memiliki pendapat yang sama. Selain itu, Blake juga berpendapat kalau konten kreator tenar ini menjadi pendulang pemasukan iklan besar bagi YouTube. Sehingga untuk konten yang melanggar aturan tidak mendapatkan iklan cuman bersifat sementara saja, setelah itu dibebaskan lagi.

Ketahui Yuk: Tanggapan Kemkominfo Ketika KPI Incar YouTube dan Netflix

Dan ternyata petinggi YouTube sekalipun juga mengakui hal tersebut, dimana pihaknya memang punya standar berbeda untuk penghapusan video dan menghilangkan monetisasi dari video. “YouTube punya standar lebih tinggi untuk monetisasi,” ucap Wojcicki terhadap konten kreator, Alfie Deyes.

Akan tetapi disisi lain, juru bicara YouTube telah membantah tudingan ini dimana disebutkan kalau pihaknya sudah menerapkan aturan yang sesuai dan tidak mengecualikan para konten krator. “Kami menerapkan aturan ini secara konsisten, tak peduli siapa pun kreatornya,” jelasnya.

Seperti yang diketahui bahwa ketika video YouTube telah melanggar ketentuan, maka akan diberikan tanda peringatan terlebih dahulu selama beberapa saat. Disini youtuber dapat mengolah kembali agar videonya bisa di monetisasi. Akan tetapi kalau selama beberapa lama tidak juga dibenahi, maka akan dilakukan penindakan lebih lanjut, seperti pemblokiran misalnya.

baca juga: Pakai Aplikasi Ini Untuk Lindungi Anak Streaming YouTube dan Aplikasi Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.