Samsung Rilis Sensor Kamera 108MP Untuk Smartphone

0
487
Samsung ISOCELL 108MP
Copyright ©Gadgetren

Samsung Punya Sensor Kamera 108MP Untuk Smartphone

Oketekno – Realme dan Xiaomi menjadi kedua nama yang begitu dekat dengan Smartphone berkamera 64MP. Keduanya masing-masing sudah mengumumkan terkait kehadiran ponsel tersebut, akan tetapi masih belum resmi beredar di pasaran. Dan kali ini Samsung sudah merilis lagi sensor kamera dengan resolusi yang lebih tinggi, yakni sebesar 108MP.

Nama sensor terbaru Samsung yang memiliki resolusi super besar itu adalah ISOCELL Bright HMX. Perusahaan asal Korea Selatan itu telah mengklaim kalau sensor ini merupakan kali pertamanya yang hadir dengan resolusi di atas 100MP. Bahkan saking besarnya, sensor ini diklaim memiliki kemampuan setara dengan kamera DSLR.

Simak Nih: Perbedaan Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+

Dikarenakan untuk ukuran resolusi kamera yang lebih besar, maka hasil jepretan yang didapat tentu lebih baik dan jelas jika dibandingkan dengan hasil jepretan 64MP. Untuk ukuran lensa dari sensor kamera 108MP ini yakni 1/1,33 inci, sehingga untuk cahaya yang berhasil di tangkap bisa lebih banyak.

Xiaomi 100MP Camera
Copyright ©Facebook Xiaomi

Selain itu, disebutkan kalau sensor ini mampu menangkap gambar dalam kondisi cahaya rendah setara dengan 27MP yang cerah. Hal itu tidak lain berkat adanya teknologi Tetracell yang mampu meniru sensor dengan ukuran pixel yang besar.

Ketahui Yuk: Spesifikasi Utama Samsung Galaxy Note 10+ di Indonesia

Akan tetapi kalau saat lensa terbaru dari Samsung ini digunakan untuk mengambil gambar dalam objek yang berada di tempat terang, maka fitur Smart ISO yang ditanamkan bakal menguatkan amplifier secara cerdas berdasarkan pencahayaan sekitar untuk konversi sinyal fotoelektrik yang optimal, beralih ke ISO rendah guna meingkatkan saturasi pixel agar hasil jepretan yang didapat lebih realistis.

Mekanisme seperti ini akan membantu untuk mengurangi noise sehingga hasil gambar yang didapatkan bisa lebih tajam. “Samsung terus mendorong inovasi dalam teknologi pixel dan logic untuk merekayasa sensor gambar ISOCELL kami guna menangkap dunia sedekat apa yang dilihat mata kita,” ungkap Yongin Park selaku Executive Vice President of Sensor Business at Samsung Electronics.

Kemudian, Samsung juga menjelaskan kalau pihaknya siap produksi massal sensor kamera 108MP pada akhir bulan Agustus 2019. Dan telah dipastikan kalau Xiaomi bakal menjadi yang pertama menggunakan sensor kamera tersebut, Mi Mix 4 menjadi kandidat terkuat yang bakal memboyongnya.

baca juga: Melihat Kecanggihan Stylus S Pen Samsung Galaxy Note 10 Series

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.