Ini Dia 3 Kelemahan Terbesar Aplikasi WhatsApp Menurut Pakar

0
414
Pembajakan WhatsApp
Copyright ©Periódico am

2 Celah Keamanan WhatsApp Masih Terbuka

Oketekno – Perlu diketahui bahwa layanan internet itu tidak ada yang aman, sebaik apapun sistem keamanan yang dibentuk selalu ada celah keamanan dimana bisa dimasuki oleh peretas berkemampuan handal. Oleh karena itulah setiap developer akan terus mengembangkan layanannya guna meningkatkan keamanan di platform miliknya, terlebih untuk platform pesan instant seperti WhatsApp yang penuh data privasi ini misalnya.

Belum lama ini ada informasi yang menyebutkan kalau peneliti keamanan dari Check Point ketika konferensi Black Hat, dimana mereka telah menjelaskan 3 masalah keamanan di platform WhatsApp. Dan permasalahan yang terjadi ini juga bisa berdampak serius terhadap para penggunanya.

Simak Nih: Melihat Nasib Pesaing WhatsApp Asli Karya Anak Bangsa Indonesia Sekarang

Sebagaimana dilansir dari laman PhoneArena, untuk celah pertama yang ditemukan peneliti keamanan ini memungkinkan pesan pengguna yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp bisa terbaca oleh peretas, dengan kata lain seperti tidak ada sistem enkripsi yang aktif ketika saling berkirim pesan tersebut.

Fitur WhatsApp
Copyright ©adyblog

Kemudian untuk celah kedua yang ditemukan oleh para peneliti ini adalah memungkinkan peretas untuk mengirimkan pesan buatannya dengan memanfaatkan akun WhatsApp orang lain. Dengan kata lain, peretas bisa mengubah pesan dari orang seseorang yang hendak dikirimkan ke temannya dalam kalimat yang berbeda.

Ketahui Yuk: WhatsApp Siapkan Fitur Boomerang, Bikin Status Makin Menarik!

Dan celah keamanan terakhir di Aplikasi WhatsApp yang disampaikan oleh peneliti keamanan ini adalah menyamarkan pesan publik menjadi pesan pribadi. Jadi si penerima pesan itu mengira jawaban yang disampaikan bersifat pribadi, padahal sebenarnya pesan ini bisa dilihat juga oleh orang lain.

Untuk ketiga masalah ini sudah dilaporkan ke induk perusahaannya yakni Facebook sejak tahun kemarin, dan 1 permasalahan terakhir sudah diselesaikan. Sedangkan untuk 2 masalah pertamanya masih belum terselesaikan hingga sekarang, dan Check Point menyebutnya dengan “threat acto” alias aktor ancaman.

Menanggapi hal tersebut, pihak Facebook mengatakan kalau pihaknya perlu berhati-hati dalam menyelesaikan permasalahan yang disampaikan oleh Check Point ini, dikarenakan raksasa sosial media ini khawatir kalau hal tersebut bisa mempengaruhi privasi WhatsApp, seperti menyimpan informasi asal pesan misalnya.

baca juga: Awas! Hati-Hati Kalau Temukan Tanda Ini di WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.