Tips Kenali Smartphone Resmi dan Ponsel Black Market Xiaomi

0
290
Xiaomi Mi Indonesia
Copyright ©DailySocial

Hati-Hati Ponsel Black Market Xiaomi

Oketekno – Dari sekian banyak Ponsel Black Market yang bertebaran di Indonesia, Xiaomi menjadi salah satu model paling banyak peredarannya. Dikarenakan memang ponsel yang berasal dari brand satu ini harganya lebih terjangkau dibanding kompetitor di rentang harga yang sama.

Sebab mulai tanggal 17 Agustus 2019 mendatang mulai diresmikan peraturan pemblokiran terhadap ponsel black market di Indonesia berdasarkan nomor IMEI, maka sebagai konsumen yang bijak kalian perlu mengetahui seperti apakah ponsel yang benar-benar resmi dan memiliki garansi MI Indonesia atau tidak.

Simak Nih: Xiaomi Mi 9s Bakal Pakai Chip Smartphone Gaming?

Cukup sulit sih memang kalau cuman dari penampilannya saja, sebab Ponsel Black Market atau tidak itu sama saja modelnya, dan harga juga tidak jauh berbeda. Akan tetapi kalau memperhatikan beberapa tips berikut, maka kalian akan lebih mudah dan paham kalau HP Xiaomi tersebut merupakan perangkat resmi yang nomor IMEI-nya sudah terdaftar di Kemenperin.

Redmi By Xiaomi Black
Copyright ©The Mobile Indian

Cek Boks Kemasan

Ketika kalian membelinya di toko, tentu akan mendapatkan kotak kemasan ponsel. Nah, kalian dapat memastikan ponsel itu resmi atau tidak melalui kotak belakangnya, dengan cara memperhatikan beberapa hal berikut:

Ketahui Yuk: Xiaomi Pastikan Smartphone dengan Kamera 100MP Lewat Bocoran Ini

Ponsel Xiaomi resmi diproduksi oleh PT. SAT NUSAPERSADA TBK dan pastikan juga kalau entitas kepemilikannya itu “untuk” adalah PT. XIAOMI TECHNOLOGY INDONESIA. Atau lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut.

Bok kemasan Xiaomi Resmi
Copyright ©Xiaomi

Stiker

Kemudian pastikan juga kalau ada stiker garansi resmi dari Xiaomi. Akan tetapi untuk stiker ini baru pertama kali diperkenalkan ketika Redmi 7A dirilis. Dengan demikian ponsel seperti Redmi 6, Redmi 5A, atau ponsel lainnya masih belum tersedia untuk stiker tersebut.

Isi Box

Dan di dalam kotak, jangan lupa untuk memastikan adanya pengisi daya standar Indonesia. Kemudian untuk daftar pusat layanan dan buku panduannya juga berbahasa Indonesia. Dengan demikian, ponsel sudah bisa dipastikan kalau resmi masuk Indonesia, sehingga kalian tidak perlu melakukan pemutihan nomor IMEI lagi nantinya.

Agar lebih mudah untuk mendapatkan Smartphone Android resmi Xiaomi dan terbebas dari penipuan Ponsel Black Market dari berbagai penjual, langsung saja memesan ponsel ini di Xiaomi Official Store Lazada, Shopee, Blibli, Erafone, atau mungkin yang lain.

baca juga: Smartphone Xiaomi Ini Mulai Dapatkan OS Android Pie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.