Waspada! Ternyata Hp Bisa Disadap Karena Cuma Klik Link Saja

0
2062
Hack Ponsel
Copyright ©ArenaLTE

Hack Ponsel Cuman Melalui Link Saja

Oketekno – Belum lama ini telah tersebar informasi yang berasal dari salah seorang pengguna Smartphone. Dia merasa perangkat miliknya seperti terkena hack alias penyadapan untuk begian kameranya setelah mengakses link tertentu yang tidak diketahui secara pasti asal dan juga situs apakah yang dituju tersebut.

Dan ternyata hal semacam ini sangat memungkinkan sekali loh guys, dan bisa jadi apa yang dikeluhkan oleh orang tersebut benar apa adanya. Sebagaimana keterangan yang diberikan oleh media detikINET, setelah mempertanyakan masalah ini ke pengamat Sekuriti dan Aplikasi Finansial Vaksincom, Alfons Tanujaya. Tidak hanya membenarkan masalah semacam ini, melainkan juga memberikan anjuran untuk tetap berhati-hati terhadap penyebaran link seperti itu.

Simak Nih: Samsung Galaxy A30s dan Galaxy A50s Siap Dirilis?

Alfons telah mengatakan kalau ponsel bisa saja tersadap hanya lewat link, ini dikarenakan link bisa dengan mudahnya diarahkan ke mana saja. Dan salah satu cara yang paling sering digunakan adalah menjalankan keylogger atau trojan.

Hack
Copyright ©Unspslah

Untuk link yang mengandung virus berbahaya atau mungkin meminta suatu persetujuan terhadap pengguna, selalu tidak jelas. Entah itu disematkan dalam suatu kata sehingga pengguna perangkat tidak dapat mengetahui link tersebut, dan biasanya telah di perpendek menggunakan layanan seperti bit.ly atau yang lain.

Ketahui Yuk: Resmi Terungkap, Berikut Jadwal Rilis Realme 5

Kemudian Alfons juga menerka kalau permasalahan yang tengah viral di Twitter itu terjadi karena adanya unsur rekayasa sosial, dimana seolah si korban telah mendapatkan pesan dari temannya yang berpura-pura meminta tolong. Dan kalau memang korban mudah percaya dengan pernyataannya, tentu akan mengklik link tersebut secara langsung.

Jadi untuk pengguna ponsel lainnya, jangan sembarangan klik link, dikarenakan kita tidak mengetahui akan diarahkan kemana kita dengan link tersebut. Kecuali kalau memang sudah jelas yang dituju, dan link berasal dari teman yang terpercaya.

Dan untuk mengetahui apakah link yang hendak dituju itu aman atau tidak, sebenarnya tidak bisa dilakukan. Akan tetapi kalian bisa mencoba untuk memeriksanya melalui Komputer atau Laptop saja, sebab bisa mengetahui link yang ada pada suatu tulisan dengan jelas. Tapi pencegahan Hack Ponsel seperti itu cuman berlaku ketika pesan dikirim melalui WhatsApp, Email atau layanan lain yang terhubung dengan internet.

baca juga: OPPO Sukses Salip Samsung Jadi Brand Paling Laris di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.