Facebook Akui Kuping Percakapan Pengguna Messenger

0
317
Facebook Messenger Apps
Copyright©Techno

Facebook Sudah Hentikan Sejak Pekan Kemarin

Oketekno – Akhir-akhir ini platform Facebook kembali menjadi perbincangan hangat publik, dan permasalahannya juga terkait dengan privasi penggunanya juga. Namun untuk permasalahan, dampak, dan juga kejadiannya tidak sama seperti tahun kemarin dimana dijual untuk pihak lain.

Kemarin lalu ada informasi yang mengungkap kalau sang raksasa sosial media ini telah menguping dan juga menyalin percakapan suara penggunanya di platform Messenger. Bahkan perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini sampai-sampai menyewa kontraktor untuk melakukan hal tersebut.

Simak Nih: Mirip Facebook, Twitter Akui Sempat Kecolongan Privasi Penggunanya

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Bloomberg News, untuk percakapan suaranya yang dikuping dan disalin ini merupakan pengguna terpilih secara acak. Dan Kontraktor yang disewa ini ditugaskan untuk mendengarkan obrolan pengguna dan menyalinnya guna meningkatkan kecerdasan buatan atau biasa dikenal dengan AI.

Facebook Messenger Update
Copyright ©CNet

Tidak membantah sama sekali, namun juru bicara Facebook telah mengkonfirmasi kalau proyek tersebut sudah dihentikan sejak pekan kemarin. “Sama seperti Apple dan Google, kami telah menghentikan tinjauan audio manusia lebih dari seminggu yang lalu,” katanya.

Mungkin menjadi hal wajar perusahaan seperti Amazon, Google, dan juga Apple melakukan pengintaian terhadap suara pengguna. Karena masing-masing perusahaan tersebut memiliki layanan berbasis suara, yakni seperti Alexa, Google Asistant dan juga Siri.

Ketahui Yuk: Facebook Siapkan Menu Khusus Untuk Informasi Terupdate

Namun bagaimana dengan Facebook? Tentu ini menjadi sesuatu yang sedikit mengganjal, teknologi apakah yang dimaksud perusahaan asal Amerika Serikat ini untuk ditingkatkan dengan menggunakan data suara pengguna.

Memang sih sementara ini masih belum ada layanan suara yang menonjol dari raksasa sosial media tersebut. Akan tetapi tidak tau juga kalau sekarang pihaknya tengah mempersiapkan teknologi kecerdasan buatan yang akan diperkenalkan di masa mendatang, entah itu berupa asisten pintar berupa perangkat keras seperti Google Home, atau sekedar asisten virtual layaknya google assistant.

Hal yang sudah pasti berdasarkan keterangan petinggi Facebook beberapa bulan kemarin yakni pihaknya terus meningkatkan keamanan dan melindungi privasi penggunanya lebih baik lagi. Selain itu, perusahaannya juga lebih memudahkan penggunanya dengan menerapkan komunikasi lintas platform, Messenger, WhatsApp, dan juga Instagram.

baca juga: Fitur Dark Mode Mulai Hadir di Aplikasi Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.