Ini Dia Tanggal Keputusan Pengawasan KPI Terhadap YouTube dan Netflix

0
340
YouTube Danger
Copyright ©Indiatimes

Pengawasan dari KPI Diputuskan di 21 Mendatang

Oketekno – Tengah menjadi perbincangan hangat tentang pengawasan KPI terhadap media baru seperti YouTube, Netflix, Facebook, dan platform sosial media lainnya. Kemarin telah disampaikan kalau ternyata itu bukan rencana Komisi Penyiaran Indonesia, melainkan penegasan dari ketuanya saja.

Jadi bisa dibilang ujaran tersebut bersifat spontan, dan tanpa dirundingkan terlebih dahulu bersama anggotanya. Meski demikian, banyak kalangan sudah menanggapi hal ini sebagai tindakan serius dan bakal terjadi dalam waktu singkat. Dan pihak Kemkominfo sebagai jembatan lembaga lain menangani dunia teknologi, komunikasi dan informatika tidak langsung bertindak.

Simak Nih: Pakai Aplikasi Ini Untuk Lindungi Anak Streaming YouTube dan Aplikasi Lain

Disebutkan kalau KPI tidak bisa bertindak secara langsung, Kemkominfo menjelaskan kalau tindakan ini perlu membuat landasan hukum terlebih dahulu. Dan prosesnya juga tidak bisa instant, melainkan harus melewati berbagai macam pertimbangan, perundingan dengan beberapa pihak, persetujuan, dan barulah penandatanganan.

Tumblr Dewasa
Copyright©Oketekno

Sampai saat ini masih simpang siur, belum ada kepastian dari berbagai pihak terkait pengawasan konten YouTube dan sejajarnya dari lembaga pemerintahan. Namun ini tidak berlangsung lama, disebutkan kalau penjelasan resmi tentang wacana tersebut bakal berlangsung pada tanggal 21 Agustus 2019 mendatang.

Ketahui Yuk: Youtuber Tenar Dapat Perlakuan Spesial dari YouTube, Benarkah?

“Tanggal 20 Agustus nanti kami akan ada rapat, nah jawabannya nanti di tanggal 21 Agustus,” seperti itulah yang dikatakan oleh Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo di Jakarta kemarin, dilansir dari SUARA.com pada tanggal 15 Agustus 2019.

Selain itu, Mulyo menjelaskan kalau komisoner saat ini tengah menyelesaikan beberapa urusan tentang jabatan mereka yang baru sebagai anggota KPI. Dan ketika urusan mereka sudah selesai, maka rapat tentang wacana pengawasan media digital ini baru dimulai.

Dan sekedar diketahui bahwasanya banyak masyarakat yang tidak menyetujui terkait pengawasan KPI terhadap media seperti YouTube, Netflix, Facebook, Twitter, atau layanan lainnya. Sebagian besar dari mereka meminta KPI untuk lebih berfokus membersihkan media konvensional saja yang dianggap masih kurang memadai dengan kalangan yang di sasar.

baca juga: Fakta Baru Pengawasan YouTube dan Netflix, Bukan Rencana KPI Ternyata!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.