Sebar Hoax, Developer PUBG Mobile Sebut 1 Provinsi Tewas Diterjang Topan

0
378
Develop PUBG Mobile
Copyright ©Japan TImes

Tencent Telah Minta Maaf

Oketekno – Kebanyakan pemain game PUBG Mobile tentu sudah pada tau dengan developernya bukan? Ya, perusahaan yang bekerja keras demi memberikan pengalaman bermain yang memuaskan terhadap semua pemain game Battle Royale populer satu ini adalah Tencent Games.

Tencent merupakan perusahaan yang berbasis di China, dan perusahaan tersebut tidak hanya membesut game saja, melainkan banyak layanan online yang dibesut oleh Tencent. Termasuk layanan media streaming terbesar di China salah satunya.

Simak Nih: Rilis di PC, Erangel V2 Siap Hadir di PUBG Mobile Juga

Akan tetapi belum lama ini induk perusahaan developer PUBG Mobile ini telah membuat kehebohan, dimana telah dituduh menyebarkan berita hoax. Tencent Video telah mengirimkan push notification terhadap para penggunanya terkait bencana alam terjangan topan Lekima di Shandong. Yang membuatnya kontroversi yakni mengabarkan kalau 99 juta warga di provinsi tersebut telah meninggal.

Topan Shandong China
Copyright ©Yahoo News

Padahal ketika diteliti ulang, orang yang tewas dalam peristiwa tersebut cuman 5 orang saja di Shandong. Dan total keseluruhan ada 56 orang yang meninggal di seluruh wilayah China. Jumlah ini sangat jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan informasi dari Tencent, yang terkenal di Indonesia melalui game PUBG Mobile buatannya.

Atas kejadian ini, pihak Tencent juga tidak lupa untuk meminta maaf terhadap para penggunanya melalui akun sosial media China, Weibo. Telah diakui kalau pihaknya mengalami kekeliruan pada sektor editorial dan berjanji untuk melakukan analisis lebih akurat lagi sehingga permasalahan seperti ini tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Ketahui Yuk: Beberapa Hal Menarik dari PUBG Mobile Lite, Yang Terakhir Bikin WWCD Lebih Mudah

Sekilas tentang Tencent Video, layanan ini telah memiliki 89 juta pengikut di China pada tahun 2019. Dan beberapa diantaranya merupakan warga Shandong yang juga terkejut terhadap berita hoax tersebut. Karena masalah ini, induk perusahaan developer PUBG Mobile kena semprot dari masyarakat.

“Apakah kalian gila, Tencent? Mengirimkan notifikasi semacam ini memiliki konsekuensi yang serius,” salah satu komentar dari warga China setelah melihat tontonan yang direkomendasikan itu.

“Saya tinggal di Shandong. Tencent sungguh mengagumkan. Saya bahkan tidak tahu telah meninggal dunia,” ungkap salah satu pengikut yang bertempatkan di Shandong, tempat dimana dikabarkan seluruhnya telah meninggal di wilayah tersebut.

baca juga: Hanya Dalam Hitungan Hari, PUBG Mobile Lite Melesat di Posisi No. 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.