Ternyata, Perusahaan Ini Sempat Ingin Caplok YouTube dan Facebook

0
697
YouTube With Ads
Copyright ©Teknologi

Aplikasi YouTube dan Facebook Sempat Mau Diakuisi AOL

Oketekno – Kalau diperhatikan sekarang ini, platform YouTube dan Facebook menjadi dua layanan internet terpopuler di Dunia. Hal itu tidak lain dikarenakan usaha keras yang telah dilakukan oleh masing-masing perusahaan, dimana untuk Facebook juga berdiri sendiri dan dipimpin oleh Mark Z. Sedangkan YouTube menjadi anak perusahaan Google.

Namun belum lama ini ada informasi yang cukup mengejutkan datang dari layanan internet yang pernah menjadi penguasa juga di tahun 90-an. Pada saat itu memang masih belum banyak teknologi yang diciptakan, dan untuk mengakses internet saja cukup sulit. Akan tetapi AOL mampu menjadi layanan yang memuaskan bagi masyarakat pada saat itu.

Simak Nih: Ini Dia Tanggal Keputusan Pengawasan KPI Terhadap YouTube dan Netflix

Berdasarkan informasi terbaru yang beredar luas baru-baru ini menyebutkan kalau AOL ternyata sempat ingin membeli YouTube, Facebook, dan sebagian kecil saham milik Tencent juga. Ini bertujuan untuk memperluas bisnisnya pada saat itu.

AOL
Copyright ©REUTERS

Sebagaimana yang dikutip dari CNBC Indonesia, informasi ini berasal dari mantan CEO Amerika Online, Jon Miller. Ia mengatakan kalau dirinya sempat melakukan diskusi dengan pendiri YouTube (Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim) pada tahun 2006. Kemudian pada musim panas di tahun yang sama ia juga berbicara dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Sedangkan pembelian saham Tencent telah dilakukannya di tahun 2004.

Ketahui Yuk: Pakai Aplikasi Ini Untuk Lindungi Anak Streaming YouTube dan Aplikasi Lain

Akan tetapi sayang rencana dari akuisisi dengan YouTube dan Facebook oleh AOL gagal begitu saja, dan untuk kegagalan tersebut telah dibebankan kepada petinggi perusahaan, Time Warner. “Kami ingin melakukan sebuah aksi. Kami sudah menargetkan membeli YouTube sebelum pihak lain. Kami memiliki peluang membeli Facebook sebelum Yahoo mencoba melakukannya. Kami memiliki kesempatan untuk membeli saham Tencent.” Begitulah kata Jon Miller.

Yahoo juga sempat menawar Facebook dengan harga US$ 1 miliar di tahun 2006, akan tetapi Mark Zuckerberg telah menolak. Dan sekedar informasi saja bahwa saat ini kapitalisasi pasar Facebook sudah mencapai US$ 510 miliar, berkat usaha dan kerja keras seluruh tim yang tergabung dalam perusahaan tersebut.

Kemudian layanan YouTube telah kena oleh Google di tahun 2016 dengan harga US$ 1.65 miliar, dimana ini merupakan akuisisi terbesar yang pernah ada. Namun nilai itu terbilang kecil, sebab tahun kemarin saja platform ini memiliki nilai mencapai US$ 160 miliar.

baca juga: Fakta Baru Pengawasan YouTube dan Netflix, Bukan Rencana KPI Ternyata!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.