Ternyata Bisa! Begini Trik Hindari Sensor Pengintai di Facebook Messenger

0
253
Facebook Phone Security
Copyright ©Naked Security

Hindari Pengintaian Facebook di Messenger

Oketekno – Sebelumnya ada informasi yang mengatakan kalau Facebook telah mengakui kalau pihaknya telah melakukan pengintaian terhadap para pengguna Messenger. Pesan suara ataupun panggilan suara yang dilakukan pengguna telah diambil datanya untuk dimanfaatkan sebagai bahan penelitian meningkatkan teknologi kecerdasan buatannya.

Akan tetapi ini tidak dilakukan oleh Facebook saja, melainkan beberapa layanan lain seperti Google, Amazon, hingga Apple juga melakukan hal serupa. Mereka telah melakukan ini untuk meningkatkan kemampuan layanan asisten digital miliknya, agar mampu mengenali kalimat perintah suara dari pengguna.

Simak Nih: Telegram Ikuti Jejak Facebook Soal Ini?

Dari informasi yang disampaikan oleh Bloomberg, Facebook telah mempekerjakan ratusan orang untuk melakukan pengintaian terhadap suara pengguna melalui platform Messenger. Akan tetapi dikabarkan kalau sekarang ini sudah tidak lagi demikian, karena misinya sudah selesai untuk melakukan pengintaian.

Facebook Messenger Chat Heads
Copyright ©TribunNews

Meski demikian, kalian sebagai pengguna harus tetap waspada dikarenakan raksasa sosial media ini bisa kembali melakukan pengintaian kapan saja ketika ia menghendakinya. Memang sih kita tidak tau apakah tengah dikuping juga atau tidak. Namun lebih baik kita waspada dengan cara mencegah pemberian akses fasilitas terhadap proses pengintaian tersebut.

Ketahui Yuk: Grup Facebook Diperbarui, Lebih Eksklusif dan Private

Untuk menghindarinya sendiri kalian bisa mematikan fitur Voice to Text yang telah disediakan di Facebook Messenger. Melalui fitur tersebut kalian bisa menerjemahkan pesan suara ke dalam bentuk tulisan dengan mudah dan cepat, tanpa bantuan aplikasi lain.

Saat muncul pertanyaan yang menanyakan soal ingin mengaktifkan suara ke teks untuk obrolan, pilih no. Kemudian cegah akses microphone untuk aplikasi Messenger ini melalui menu pengaturan. Di ponsel iPhone caranya yakni masuk ke Settings>> Aplikasi Facebook>> Matikan Akses Mikrofon.

Sedangkan di perangkat Android kalian bisa mematikan akses ini dengan cara masuk ke aplikasi pengaturan/ Settings>> Aplikasi dan Pemberitahuan>> Aplikasi Facebook>> Izin (Permission)>> Mikrofon>> Tolak (Deny).

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan untuk mencegah Facebook melakukan pengintaian lagi terhadap percakapan kalian. Selamat mengikuti.

baca juga: Ternyata, Perusahaan Ini Sempat Ingin Caplok YouTube dan Facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.