Facebook dan Twitter Bersihkan Ratusan Akun di Negara Memanas Ini

0
385
Bug Facebook
Copyright©Sky News

Facebook dan Twitter Hapus dan Tangguhkan Ratusan Ribu Akun

Oketekno – Perannya sebagai layanan sosial media, tentu sudah menjadi kewajiban setiap platform untuk menjaga kedamaian seluruh pengguna. Terlebih untuk Twitter dan juga Facebook yang menjadi layanan terpopuler di seluruh Dunia, tentu tidak mudah bagi mereka untuk mencegah terjadinya perselisihan di setiap Negara.

Seperti yang terjadi belum lama ini dimana Facebook dan Twitter diminta untuk ikut membersihkan protes yang terjadi di Hong Kong. Kedua platform jejaring sosial tersebut diminta oleh Pemerintah Tiongkok untuk menutup dan menangguhkan ribuan akun yang diyakini sebagai pemicu peristiwa tidak mengenakkan ini.

Simak Nih: Telegram Ikuti Jejak Facebook Soal Ini?

Dari informasi yang dilansir dari The Verge, pada hari Senin 19 Agustus 2019 kemarin kedua perusahaan telah menyatakan kalau telah melakukan penyelidikan terhadap penyebaran misinformasi. Ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam menekan gerakan pro-demokrasi di Hong Kong. Selain itu, dilaporkan kalau ada 936 akun telah ditutup dan 200.000 akun ditangguhkan karena penyebaran misinformasi tersebut.

Bungkam Facebook
Copyright©memecomic

“Semua akun telah ditangguhkan karena berbagai pelanggaran kebijakan tentang manipulasi informasi di platform kami,” seperti itulah yang dilaporkan oleh Twitter melalui laman blog resminya. Sedangkan untuk platform Facebook juga telah mengikuti langkah ini dengan cara bersih-bersih akun di layanan miliknya.

Ketahui Yuk: Grup Facebook Diperbarui, Lebih Eksklusif dan Private

Kepala Kebijakan Keamanan Siber dari raksasa sosial media bernama Nathaniel Gleicher telah mengatakan kalau perusahaan telah menghapus sebanyak 7 pages, 3 grup, dan 5 akun dikarenakan ikut serta dalam penyebaran misinformasi di Hong Kong.

Dilaporkan kalau ada sekitar 15.500 akun telah mengikuti di salah satu halaman yang dihapusnya ini, kemudian 2.200 pengguna disebutkan telah bergabung di suatu grup yang juga ikut dibersihkan. Tentu ini bukan merupakan jumlah yang sedikit pastinya.

Perlu diketahui bahwa untuk demo ini sudah berlangsung dalam waktu yang lama, penyebarannya di sosial media seperti Twitter dan Facebook juga tidak sedikit. Dengan demikian, masyarakat setempat juga akan mudah terpancing dengan aksi-aksi yang digelarnya itu.

baca juga: Ternyata Bisa! Begini Trik Hindari Sensor Pengintai di Facebook Messenger

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.