Segera Hadir, Mekanisme Pembayaran Digital WhatsApp di Indonesia Berbeda

0
371
WhatsApp Pay
Copyright ©UX Collective

WhatsApp Pay Bakal Kerjasama dengan E-Wallet Lokal

Oketekno – Sudah bukan menjadi pembicaraan yang asing lagi kalau Facebook ingin merambah ke dunia pembayaran digital di seluruh Dunia. Sebelum ada Libra, sang raksasa sosial media ini sudah melakukan uji coba sistem pembayaran digital melalui platform pesan instant terpopulernya, WhatsApp.

Untuk fitur tersebut sudah dilakukan uji coba ke beberapa pengguna sejak tahun kemarin, dan kini semakin luas masyarakat setempat yang tengah melakukan pengujian tersebut. Belum lama ini kehadirannya di Indonesia juga semakin dekat terkait sistem pembayaran melalui aplikasi pesan instant ini.

Simak Nih: Bukan Cuma Fingerprint, Ini Pembaruan Lain di Aplikasi WhatsApp Kemarin

Diberitakan kalau pihak WhatApp baru-baru ini tengah berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia untuk menggelar layanan pembayaran digital melalui perangkat mobile. Informasi ini tidak lama setelah Bank Indonesia (BI) merilis standar QR untuk kode pembayaran digital di Tanah Air. Namun untuk mekanismenya bakal sedikit berbeda.

WhatsApp Money
Copyright ©FATbit Technologies

Untuk layanan pembayaran WhatsApp ini nantinya tidak akan bergerak sendiri, melainkan bekerjasama dengan e-wallet yang sudah beroperasi dan dipercaya oleh masyarakat lokal dalam bertransaksi. Beberapa diantaranya yang kemungkinan akan dijadikan sebagai mitra yakni seperti Go-Pay, Ovo, LinkAja, dan juga Dana.

Ketahui Yuk: Beberapa Hal Menarik Soal Fitur Pemindai Sidik Jari di Aplikasi WhatsApp

Jika memang seperti itu mekanismenya, tentu ini akan berbeda dengan sistem pembayaran yang telah diberlakukan di India. Di Negeri Taj Mahal tersebut, para pengguna WhatsApp bisa melakukan pembayaran langsung ke merchant tanpa melalui perantara layanan pihak ketiga terlebih dahulu.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Reuters, pengguna WhatsApp Pay di India sudah mencapai 350 juta hingga 400 juta. Sebagian besar masyarakat disana juga sudah mulai menjadikan layanan pembayaran digital ini sebagai alat transaksi utamanya dalam perdagangan online.

Sebelumnya ada kabar kalau layanan pembayaran melalui aplikasi WhatsApp ini akan tersedia di Indonesia pada akhir tahun 2019 mendatang. Akan tetapi sepertinya hal ini bakal mundur hingga beberapa bulan mendatang, dikarenakan menunggu penyelenggaraan resminya di India terlebih dahulu.

baca juga: Bersiap! 2 Fitur Ini Bakal Hadir di WhatsApp Web

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.