YouTube dan Netflix Sudah Punya Fitur Ini, Tanpa KPI Pun Tetap Aman?

0
401
A Child watching Youtube videos on a laptop computer
Copyright ©securlyinc

Fitur Keamanan Media Streaming Populer Untuk Anak

Oketekno – Kemarin lalu ada informasi yang menyebutkan kalau KPI berencana untuk melakukan pengawasan terhadap platform YouTube dan juga Netflix. Dengan demikian, para youtuber yang berkreasi di platform ini harus mematuhi segala peraturan penyensosran yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah tersebut.

Akan tetapi pernyataan tersebut telah mendapatkan penolakan dari berbagai kalangan, sebagian besar masyarakat tidak setuju terhadap kebijakan tersebut. Meski pada dasarnya ini masih sekedar pembicaraan awal saja, akan tetapi masyarakat dengan serius melakukan aksi penolakan.

Simak Nih: Sebagian YouTube Premium Digratiskan Bulan Depan

Penandatanganan terhadap petisi penolakan kebijakan itu pun juga sudah dilakukan oleh masyarakat. Kemudian di platform sosial media banyak yang mengungkap kalau KPI masih belum benar untuk mengurus tayangan televisi konvensional, banyak program yang kurang sesuai menjadi bahan hiburan. Akan tetapi sudah ingin mengawasi platform media baru saja.

Netflix Kids
Copyright ©YouTube

Sebenarnya tidak perlu diawasi oleh KPI saja kedua layanan tersebut sudah memiliki sistem penyaring dan pengendalian yang memadai. Akan tetapi perlu melibatkan pihak ketiga untuk menerapkannya, sehingga tayangan YouTube ataupun Netflix masih memadai dan digemari oleh banyak kalangan.

Di platform Netflix, setelah pengguna menikmati konten gratis selama 30 hari, maka harus melakukan registrasi dan mencantumkan nomor kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Dan ketika sudah berlangganan dan login, maka akan ditampilkan fitur pembatasan tontonan untuk anak di bagian profil.

Ketahui Yuk: Ini Dia Tanggal Keputusan Pengawasan KPI Terhadap YouTube dan Netflix

Ketika mode Kids diaktifkan, maka seluruh isi timline akan tersaring dimana keseluruhan isinya akan ramah terhadap anak-anak. Sedangkan film dewasa akan disembunyikan alias tidak ditampilkan sebagaimana tayangan pada umumnya.

Kemudian untuk platform YouTube juga memiliki fitur serupa, akan tetapi tidak menjadi satu seperti konten Netflix, melainkan tayangan ramah anak dipisahkan dalam aplikasi khusus yang diberikan nama YouTube Kids. Orang tua dapat mengunduhkan aplikasi ini untuk memberikan tayangan berkualitas untuk anaknya.

Bukan cuman membatasi konten saja, melainkan pembatasan waktu penggunaan, fitur pengendali password untuk setiap anak, dan lain sebagainya bisa diaplikasikan pada YouTube Kids. Dengan demikian, keamanan anak bisa disesuaikan oleh orang tuanya sendiri.

baca juga: Deretan Aplikasi Foto Video Paling Sukses di Dunia Selain YouTube

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.