Melunak, Facebook Rilis Fitur Pembebasan Privasi Untuk Pengguna

0
193
Facebook NPE Team
Copyright ©Fossbytes

Facebook Rilis Fitur yang Bebaskan Penjelajahan Pengguna

Oketekno – Kendala Privasi kini menjadi salah satu hal yang diprioritaskan oleh platform Facebook, sebab setelah permasalahan Cambridge Analytica yang terjadi tahun kemarin, raksasa sosial media ini sekarang menjadi fokus perhatian banyak kalangan, terutama para ahli dan lembaga pemerintahan.

Akan tetapi ini tidak membuat perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut terhenti semangatnya, dan semakin hari pihaknya terus melakukan pembenahan sehingga platform besutannya semakin baik seiring berjalannya waktu, terutama masalah keamanan data.

Simak Nih: FB dan Twitter Bersihkan Ratusan Akun di Negara Memanas Ini

Belum lama ini dikabarkan kalau Facebook ingin meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya tidak lagi dibuntuti ketika menjelajah Dunia Maya. Melalui fitur yang bernama Off-Facebook Activity ini nantinya pengguna akan diberikan kebebasan dalam menjelajahi Dunia Internet.

off-facebook Activity
Copyright ©TechCrunch

Jadi, melalui fitur ini nantinya pengguna bakal melihat serta mengendalikan data yang dibagikan pada berbagai macam aplikasi ataupun situs web di platform Facebook. Saat fitur ini diaktifkan, maka pengguna tidak akan dibuntuti lagi ketika menjalankan aplikasi lain atau mungkin menjelajahi web browser, dimana biasanya data ini digunakan untuk menayangkan konten iklan yang kredible terhadap pengguna.

Ketahui Yuk: Telegram Ikuti Jejak FB Soal Ini?

Namun fitur ini sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh terhadap bisnis Facebook yang menjadikan penayangan iklan sebagai ladang penghasilan utamanya. Dikarenakan fitur tersebut tidak akan aktif secara default, melainkan pengguna harus mematikannya secara manual melalui menu Settings. Dengan demikian, tidak semua pengguna mengetahui akan kehadiran fitur bermanfaat satu ini.

“Hari ini, jika pengguna menelusuri situs pakaian dan melihat sepasang sepatu, situs tersebut kemudian akan menampilkan iklan sebagai tindak lanjut untuk mendorong pengunjung situs membeli. Situs itu dapat membagikan informasi tentang minat pengguna tersebut dengan FB, yang nantinya dapat menampilkan iklan sepatu yang serupa pada akun pengguna. Tetapi, jika pengguna menghapus aktivitas off-Facebook mereka, Facebook tidak akan pernah tahu tentang aktivitas mereka sebelumnya di situs pakaian tersebut,” seperti itulah contoh yang diberikan oleh raksasa sosial media tersebut, dituliskan pada blog resminya dan OKETEKNO kutip dari CNBC Indonesia.

Mungkin di awal kehadirannya, cuman pengguna di Amerika Serikat saja yang akan mendapatkan fitur ini, akan tetapi kedepan tidak menutup kemungkinan kalau Facebook akan menghadirkannya secara global.

baca juga: Ternyata Bisa! Begini Trik Hindari Sensor Pengintai di Messenger

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.