Sejumlah Hal yang Harus Dipenuhi WhatsApp Pay Jika Masuk Indonesia

0
195
WhatsApp Paymen
Copyright ©Teknologi

WhatsApp Pay Harus Penuhi Standar Indonesia

Oketekno – Tidak lama setelah mengesahkan QR Code standar pembayaran di Indonesia oleh BI (Bank Indonesia), ada informasi yang mengungkap kalau WhatsApp Pay sudah mulai tahap negosiasi untuk hadir di Tanah Air. Akan tetapi untuk mekanisme yang bakal digunakan bakal berbeda jika dibandingkan dengan yang ada di India sebelumnya.

Akan tetapi menurut keterangan yang dilansir dari detikINET, ternyata ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh Facebook selaku induk perusahaannya jika ingin menghadirkan layanan dompet digital di Tanah Air. Dan ketika seluruh persyaratan tersebut telah dipenuhi, maka bisa jadi layanan pesan instant terpopuler di Dunia ini mulai menerapkan mekanisme pembayaran atau transaksi uang berbasis digital secara langsung.

Simak Nih: Segera Hadir, Mekanisme Pembayaran Digital WhatsApp di Indonesia Berbeda

Filianingsih Hendrata selaku Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI telah mengatakan kalau “Saat ini kalau asing ini menjadi PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) di Indonesia harus tunduk kepada ketentuan Pemrosesan Transaksi Pembayaran, yakni harus berbadan hukum Indonesia dan mengajukan izin sebagai PJSP.”

WhatsApp Pay
Copyright ©UX Collective

Diwaktu yang berbeda, Onny Widjanarko sebagai Kepala Departemen Komunikasi BI telah menegaskan kalau untuk dapat beroperasi di Indonesia, maka pihak penyelenggara (dimaksud bisa WhatsApp ataupun pihak lainnya) harus memiliki izin atau persetujuan dari BI terlebih dahulu sebelum pada akhirnya menyediakan layanan pembayaran yang sah di Tanah Air.

Ketahui Yuk: Bersiap! 2 Fitur Ini Bakal Hadir di WhatsApp Web

Bukan cuman WhatsApp Payment saja, melainkan jasa pembayaran seperti prinsipal, switching, penerbit kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik, e-wallet, acquiring dan payment gateway juga harus memiliki persetujuan dari BI terlebih dahulu.

Untuk syarat yang harus dipenuhi oleh penyelenggaran sistem pembayaran Uang Digital ini sudah dijelaskan dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Pemrosesan sistem pembayaran tahun 2016, PBI Gerbang Pembayaran Nasional tahun 2017, dan juga PBI uang elektronik tahun 2018.

Sampai saat ini masih sekedar kabar-kabar saja dari pihak WhatsApp maupun pihak lain yang terkait. Masih belum ada uji coba yang dilakukan terhadap sebagian masyarakat di Indonesia. Dengan demikian, kehadirannya bisa dibilang masih sangat lama.

baca juga: Bukan Cuma Fingerprint, Ini Pembaruan Lain di Aplikasi WhatsApp Kemarin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.