Disebut Berhasil Dikalahkan OPPO, Samsung Klaim dan Buktikan Masih Berkuasa!

0
691
Samsung Galaxy A80 Main Camera
Copyright ©YouTube

Samsung Buktikan Pihaknya Masih Berkuasa di Indonesia

Oketekno – Setelah berkuasa selama beberapa tahun terakhir, kemarin ada informasi yang menyebutkan kalau OPPO berhasil merajai dan menggeser posisi Samsung menjadi Smartphone paling laris di Indonesia. Dan ini bukan cuman omongan saja, melainkan ada bukti dari lembaga riset yang datanya cukup dipercaya.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentu perusahaan asal Korea Selatan ini tidak tinggal diam dan melontarkan fakta yang berbeda. Samsung Mobile Indonesia telah mengklaim kalau pihaknya masih berkuasa di pasar ponsel Tanah Air hingga sekarang ini. Kok sama-sama mengklaim sebagai penguasa?

Simak Nih: Galaxy A30s dan Galaxy A50s Siap Dirilis?

Dan ternyata untuk lembaga riset yang dianut oleh masing-masing vendor ini tidak sama, dimana OPPO menggunakan data yang dilaporkan oleh Canalyst. Sedangkan untuk data yang dipakai oleh Samsung merupakan hasil riset dari Counterpoint Research yang juga dipakai oleh Realme untuk menunjukkan kesuksesannya menggeser posisi Advan dan juga ASUS dari posisi Top 5.

Canalyst
Copyright ©Canalys

Bahkan dari dalam data yang diyakini oleh Samsung ini, brand OPPO malah berada di posisi ketiga, dimana untuk posisi kedua diduduki oleh Xiaomi yang masih rajin untuk berkompetisi di segmen pasar kelas terjangkau. Kenapa bisa berbeda antara kedua lembaga riset ini?

Ketahui Yuk: OPPO Sukses Salip Samsung Jadi Brand Paling Laris di Indonesia

Perbedaan hasil yang dilaporkan oleh kedua lembaga riset ini dikarenakan memang fokusnya berbeda. Disebutkan kalau Canalys menggunakan variabel pengapalan (Shipment) untuk mengukur tingkat popularitas dari suatu brand. Sedangkan untuk Counterpoint Research sendiri telah menggunakan variabel penjualan (Sales) untuk menentukan siapakah yang paling banyak diminati di suatu Negara.

Realme Market Share Indonesia
Copyright ©Counterpoint

“GFK melihat jumlah pembelian yang ada di toko, yang sampai ke tangan konsumen dan mereka lembaga independen,” begitulah keterangan yang disampaikan oleh Denny Galant, Head of Product Marketing, IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia pada saat event perilisan Galaxy Note 10 series kemarin di Jakarta.

Tidak hanya itu saja, selain masih menjadi penguasa Smartphone paling laris di Indonesia secara keseluruhan, Samsung memastikan diri kalau pihaknya telah menguasai 66% dari total keseluruhan Smartphone Premium di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2019 kemarin, jadi belum termasuk untuk penjualan Galaxy Note 10 series ini.

baca juga: Perbedaan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.