WhatsApp Pay Segera Hadir di Indonesia, Keamanan Data Pengguna Terancam?

0
241
WhatsApp App s
Copyright ©BBC

Keamanan Data Pengguna WhatsApp Dipastikan Aman?

Oketekno – Beberapa hari terakhir ini tengah heboh diperbincangkan soal layanan pembayaran digital yang akan diterapkan pada aplikasi WhatsApp. Dimana untuk aplikasi pesan instant ini menjadi salah satu yang terpopuler di Indonesia, hampir semua kalangan telah memanfaatkan platform ini sebagai layanan komunikasi utamanya.

Kalau memang benar dalam waktu dekat ini WhatsApp Pay akan datang ke Indonesia, maka bisa jadi Tanah Air bakal menjadi yang kedua untuk mendapatkannya. Sebab layanan ini juga sudah dilakukan pengujian di India sejak tahun kemarin.

Baca Juga: Sejumlah Hal yang Harus Dipenuhi WhatsApp Pay Jika Masuk Indonesia

Akan tetapi untuk metode pembayaran yang digunakannya tidak langsung berbasis di platform itu sendiri dengan membuka layanan dompet digital, melainkan menggunakan sistem UPI (Unified Payment Interface). Dengan menggunakan sistem ini, maka pembayaran dilakukan antar-bank secara real-time.

WhatsApp Money
Copyright ©FATbit Technologies

Dan masalah keraguan keamanan data, tentu ini tidak akan terjadi lagi dikarenakan tidak akan ada data yang disimpan oleh server Facebook ataupun WhatsApp, dan developer juga optimis kalau pihaknya sudah melakukannya dengan benar.

Baca Juga: Bukan Cuma Fingerprint, Ini Pembaruan Lain di Aplikasi WhatsApp Kemarin

“Kami percaya akan melakukannya dengan benar. Ini akan mengakselerasi inklusi keuangan dan membawa warga India ke Ekonomi digital yang tumbuh dengan cepat,” seperti itulah yang dikatakan oleh Will Chatcart selaku WhatsApp Global Head. Dan ia juga mengklaim tiada layanan lainnya yang berada dibawah perusahaan Facebook yang menggunakan data transaksi UPI milik platform pesan instant terpopuler tersebut untuk keperluan komersial.

Kemudian untuk memperketat perlindungan data penggunanya, pemerintah India sendiri juga meminta agar perusahaan Facebook menyimpan data pengguna W.A di server lokal. Dan ini sudah dilakukan dimana raksasa sosmed ini telah membangun servernya di India.

Dan tidak menutup kemungkinan juga di Indonesia mendatang, dimana ketika WhatsApp Pay sudah mulai beroperasi, maka data pengguna akan disimpan di server lokal terutama untuk masalah transaksi pembelian barang secara online. Namun kabarnya, di Indonesia sendiri akan berbeda dengan mekanisme pembayaran di India. Diberitakan kalau W.A akan menggunakan layanan pihak ketiga seperti Go-Pay, LinkAja, Ovo, Dana, dan lainnya.

baca juga: Segera Hadir, Mekanisme Pembayaran Digital WhatsApp di Indonesia Berbeda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.