Kapan Smartphone dengan HarmonyOS Dirilis, Huawei?

0
797
Huawei Google Smartphone Android
Copyright ©Vulcan Post

Huawei Masih Belum Siap Rilis HarmonyOS untuk Smartphone?

Oketekno – Setelah mendapatkan penekanan dari pihak Pemerintah Amerika Serikat, pada akhirnya Huawei telah memutuskan untuk meluncurkan sistem operasi besutannya sendiri yang bisa menjadi alternatif lain kalau memang sewaktu-waktu sistem operasi Android dilarang untuk digunakan di ponsel besutannya.

Dan beberapa waktu kemarin, perusahaan asal China ini telah berhasil meluncurkan sistem operasi terbarunya yang bernama HarmonyOS sebagai alternatif Android. Akan teteapi OS terbaru Huawei ini tidak hanya dijalankan di perangkat Smartphone saja, melainkan bisa diaplikasikan di Tablet, Smart TV, dan bahkan mobil sekalipun.

Simak Nih: Ketidakpastian Huawei Diperpanjang AS 3 Bulan Lagi

Tidak lama setelah itu, muncul informasi yang menyebutkan kalau sistem operasi ini sudah mulai berjalan di perangkat Smartphone akhir tahun 2019 ini. Dan ponsel pertama yang akan mendapatkannya adalah besutan Honor.

Copyright ©Vulcan Post

Namun belum lama ini ada informasi terbaru yang mengatakan kalau Huawei masih belum memiliki rencana yang pasti terakhir kapan pihaknya akan mulai menerapkan sistem operasi tersebut ke dalam Smartphone. Vincent Yang selaku Senior VP Perusahaan masih ingin mempertahankan sistem operasi Android sebagaimana mekanisme lamanya.

Ketahui Yuk: Terungkap, Baterai Huawei Mate 30 Series Meningkat 7 Persen

Kemarin sempat ada omongan kalau Mate 30 series akan menjadi Smartphone perdananya yang akan menjalankan sistem operasi tersebut. Dikarenakan memang lisensinya dengan Android sudah habis pada bulan Agustus ini. Namun secara mengejutkan pihak pemerintah AS telah memberikan perpanjangan waktu kepada sang vendor untuk menjalin kerjasama dengan Google.

Disisi lain, wajar saja sih memang kalau Huawei masih dilema dengan pengaplikasiannya terhadap sistem operasi Harmony ini, dikarenakan menurut informasi dari Gizmochina menyebutkan kalau OS tersebut masih belum didukung oleh aplikasi apapun. Dan hanya mengandalkan integrasinya dengan aplikasi Android, masih belum memiliki mekanisme terpisah layaknya iOS yang sudah secara mandiri berdiri sendiri.

Sebab tingkat popularitasnya yang sudah mencapai posisi 2 Smartphone paling laris di Dunia, tentu bukan perkara mudah bagi Huawei untuk memutuskan menggunakan HarmonyOS begitu saja. Kalau sampai terjadi ketidakpuasan, maka akan menjadikan reputasinya menurun drastis.

baca juga: Kata Bos Huawei Soal Sanksi dari Pihak AS, Krisis Hidup dan Mati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.