Facebook Libra Mungkinkan Geser USD Sebagai Mata Uang Dunia

0
339
Facebook Libra tech
Copyright ©PYMNTS

Facebook Libra Beda dengan Bitcoin

Oketekno – Meski sudah diumumkan ke publik, akan tetapi mata uang digital Facebook hingga sekarang masih belum diresmikan ataupun dikembangkan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan pihak pemerintah AS tengah melakukan peninjauan dan pertimbangan mendetail dari teknologi baru raksasa sosial media tersebut.

Ini berkaitan dengan privasi penggunanya yang bisa saja terancam ketika layanan ini nanti beroperasi, terlebih Facebook juga telah memiliki sejarah kelam dimana dengan sembarangannya telah menjual data privasi penggunanya ke pihak ketiga tahun kemarin. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kalau Libra bakal menjadi pengganti mata uang Internasional.

Simak Nih: Gegara yang Buat Bos Facebook Disebut Orang Paling Berbahaya di Dunia

Gubernur Bank of England bernama Mark Carney telah mengatakan terkait kemungkinan transformasi sistem finansial global yang bisa saja digantikan oleh mata uang digital, dan Facebook Libra menjadi salah satunya di kemudian hari.

Copyright ©South China Morning Post

Sebagaimana dilansir dari Bloomberg, Carney telah mengatakan kalau mata uang digital merupakan salah satu opsi terbaik untuk menggantikan dollar sebagai cadangan, ketimbang memperbolehkan mata uang Nasional Negara lain mengambil posisi tersebut, semisal seperti China Renminbi.

“Kombinasi dari ketidakpastian kebijakan ekonomi yang meningkat, proteksionisme langsung dan kekhawatiran yang lebih jauh, guncangan negatif tidak dapat diimbangi secara memadai karena ruang kebijakan yang terbatas memperburuk bias disinflasi dalam ekonomi global,” seperti itulah yang dikatakannya.

Ketahui Yuk: Melunak, Facebook Rilis Fitur Pembebasan Privasi Untuk Pengguna

Perlu diketahui bahwa Carney pada bulan Juli 2019 kemarin juga sempat mengatakan kalau Facebook Libra ini merupakan proyek yang besar sehingga harus benar-benar sempurna sedari awal agar bisa dirilis dengan lancar.

“Jika berhasil, ini akan menjadi sistemik, karena melibatkan sejumlah besar pengguna. Dan jika Anda adalah sistem pembayaran sistemik, Anda harus sempurna. Anda tidak bisa membuat orang kehilangan uang dari dompet mereka,” kata Carney lalu.

Tanggapan Carney ini jelas berbeda antara Facebook Libra dengan mata uang digital Bitcoin dimana tahun kemarin ia menyebutkan kalau crypto tersebut tidak bisa digunakan sebagai alat ganti pembayaran sah secara umum di semua Negara. Mungkin ini berkaitan dengan nilainya yang terlampau tinggi.

baca juga: Trik Mengganti Password Facebook Biar Nggak Mudah Diretas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.