Telegram Lakukan Rombak Besar-Besaran Untuk Tandingi WhatsApp

0
583
Aplikasi Telegram
Copyright ©South China Morning Post

Update Aplikasi Telegram

Oketekno – Dari sekian banyak jenis layanan pesan instant di Dunia, salah satu yang bisa menandingi tingkat popularitas aplikasi WhatsApp adalah Telegram. Layanan perpesanan tersebut selalu mengedepankan tingkat keamanan privasi penggunanya, apapun yang dibicarakan oleh pengguna melalui layanan ini akan dijaga dengan ketat.

Bahkan beberapa kasus menjelaskan kalau layanan Telegram malah berlawanan dengan hukum, dikarenakan menolak untuk memberikan data percakapan penggunanya yang diduga pelaku kejahatan, seringkali melibatkan terorisme. Namun, kini pihaknya sudah sedikit melunak dengan menjalin kerjasama bersama pihak pemerintahan tertentu, tapi masih dibawah kendalinya.

Simak Nih: Foto WhatsApp dan Telegram Ternyata Bisa Dibobol, Begini Cara Kerjanya

Sadar akan layanan WhatsApp yang terus berkembang, Telegram sendiri baru-baru ini juga telah menghadirkan berbagai pembaruan terhadap layanannya itu sehingga penggunanya merasa dibuat lebih nyaman. Apa saja yang baru di Telegram? Berikut informasi yang kami lansir dari Financial Express.

Bungkam Telegram
Copyright ©Istimewa
  • Bisukan Notifikasi

Fitur pertama yang dihadirkan di Telegram adalah membisukan notifikasi, dengan adanya fitur ini tentu mereka yang ingin bebas dari gangguan khusus dari aplikasi Telegram saja bisa melakukannya, jadi notifikasi dari aplikasi lain masih bisa, cuman segala hal dari layanan pesan instant ini bisa dibungkam. Fitur ini terletak di Menu Settings>> Notification and Sounds.

  • Slow Mode

Anggota grup di Telegram jumlahnya lebih banyak dibanding WhatsApp, dengan demikian mereka kalau berbicara semuanya tidak bisa nyaman untuk yang membacanya. Tapi berkat adanya slow mode, percakapan lebih terkendali. Sebab admin bisa mengaktifkan batasan waktu setiap anggotanya untuk mengirimkan pesan berikutnya.

Ketahui Yuk: Ragukan Keamanan WhatsApp dan Telegram, Aplikasi Ini Malah Lebih Parah

  • Admin Titles

Melalui fitur ini, admin grup Telegram bisa melakukan perubahan berdasarkan keinginannya untuk judul dari grup itu sendiri.

  • Tema Dark Mode

Khusus untuk pengguna perangkat berbasis iOS, sekarang telah disediakan beberapa tema ketika mengaktifkan mode malam di perangkatnya.

Stiker Telegram
Copyright ©Istimewa
  • Ada Stiker

Persis seperti WhatsApp, dimana pada layanan Telegram sekarang juga disediakan stiker yang bisa dikirimkan ke pengguna lain. Hanya saja bentuk stikernya yang berbeda, dan sepertinya lebih beragam ketimbang platform pesaing.

  • Thumbnail Video

Sebelum dikirimkan ke teman yang dimaksud, kini pengguna dapat menentukan thumbnail seperti apakah yang akan digunakan untuk tampil di bagian depan pesan tersebut. Jadi, teman bisa semakin penasaran untuk melihat secara keseluruhan dari video yang dibagikan tersebut.

  • Menu Lampiran Baru

Tidak seperti dahulu yang harus berpindah dari Telegram ke Galeri untuk memilih foto yang hendak dikirimkan, sekarang pengguna akan mendapatkan foto terbarunya langsung di urutan teratas, kemudian cukup geser ke atas saja untuk melihat foto lebih detail.

Itulah guys beberapa pembaruan layanan Telegram yang diklaim bisa menandingi WhatsApp kedepannya. Untuk lebih jelasnya, bisa dicoba untuk masing-masing pembaruan tersebut.

baca juga: Cara Menghapus Pesan di Telegram, Tanpa Batas Waktu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.