YouTube Bakal Hentikan Tayangkan Iklan?

0
448
YouTube Money
Copyright ©tech-worm

Terkait Pelanggaran Privasi Anak

Oketekno – Penayangan iklan menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar dari platform YouTube ataupun para konten kreator itu sendiri. Akan tetapi tidak semuanya bisa diukur dengan seberapa banyak iklan yang harus ditayangkan di dalam video, melainkan harus ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan agar kualitas konten tidak berkurang.

Seperti yang akan diterapkan oleh media streaming terpopuler ini dimana bukan menghilangkan iklan sepenuhnya dari platform miliknya, melainkan menghentikan iklan yang ditargetkan terhadap anak-anak dibawah umur. Walaupun pada dasarnya pendapatan harus berkurang, namun anak perusahaan Google ini lebih mementingkan privasi pengguna ketimbang pendapatan.

Simak Nih: Ada Fitur Released di YouTube, Fungsinya?

Beberapa waktu lalu, Komisi Perdagangan Federal (FTC) telah melakukan penyelidikan terhadap platform media streaming terpopuler di Dunia ini atas pelanggaran Undang-Undang Privasi Online Anak-Anak (COPPA) pengumpulan data, dan telah gagal untuk melindunginya.

Youtube ad
Copyright ©istockphoto

Dari informasi yang disampaikan oleh Bloomberg, menyebutkan kalau sejak iklan bertarget memiliki kecenderungan untuk mengumpulkan informasi pengguna, COPPA secara efektif langsung memberlakukan pelarangan terhadap setiap platform termasuk YouTube menayangkan iklan terhadap anak dibawah 13 tahun tanpa izin dari orang tuanya.

Ketahui Yuk: YouTube dan Netflix Sudah Punya Fitur Ini, Tanpa KPI Pun Tetap Aman?

Sebagaimana yang telah dihasilkan oleh peneliti, menyatakan kalau video anak dibawah 13 tahun memiliki jumlah penayangan 3x lebih banyak ketimbang video lain. Dan pihak YouTube sendiri sebenarnya sudah menyatakan kalau situs utamanya bukan untuk anak-anak, dan mereka sudah punya layanan YouTube Kids dimana tidak menggunakan iklan bertarget.

Akan tetapi kebiasaan sulit untuk diubah begitu saja, sehingga kebanyakan kalangan masih mengandalkan platform utama untuk memberikan penayangan konten terhadap buah hatinya dikarenakan memang disana masih ada beberapa tontonan yang masih layak untuk anak. Namun kolom komentar dan juga sejumlah video di rekomendasi masih membahayakan.

Beberapa langkah sudah diantisipasi oleh pengembang, dimana menghapus kolom komentar dan membatasi video rekomendasi. Namun langkah tersebut dirasa masih kurang cukup, dan beberapa kalangan ada yang meminta seluruh penayangan anak untuk dipindahkan ke YouTube Kids, sehingga di platform utamanya bersih dari konten yang menargetkan orang berumur di bawah 13 tahun.

baca juga: Fitur Ini Bakal Dihapus dari Aplikasi YouTube, Alasannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.