Cepat Update! iOS Versi Ini Perbaiki Celah Keamanan iPhone

0
420
iPhone
Copyright ©SlashGear

Update iOS 12.4.1 Cuman Perbaiki Celah Keamanan

Oketekno – Kemarin lalu salah seorang karyawan Google bernama Ned Williamson telah menemukan celah keamanan dari sistem operasi versi terbaru yang dijalankan pada perangkat Smartphone iPhone XR miliknya. Dan ternyata ini merupakan ketidaksengajaan Apple untuk membuka celah keamanan di iOS Versi 12.4 itu.

Diketahui kalau celah keamanan tersebut kembali terbuka, banyak kalangan yang telah menyebarkan kode-kode untuk melakukan jailbreak alias pembobolan di ranah maya secara gratis. Dengan menggunakan kode tersebut, keamanan Smartphone iPhone bisa sedikit lebih longgar sehingga dapat dengan mudah untuk melakukan pemasangan aplikasi yang tidak ada di App Store.

Simak Nih: Jadwal Rilis iPhone 11 Series Terungkap, Inikah Undangannya?

Akan tetapi tidak lama setelahnya, Apple langsung meluncurkan pembaruan iOS Versi 12.4.1 untuk memperbaiki celah keamanan tersebut. Dalam update kali ini, raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut menyebutnya dengan “Emergency Patch”.

iOS 12.4.1
Copyright ©macworld

Pada pembaruannya ini Apple cuman melakukan perbaikan terhadap sistem Kernel saja pada Smartphone iPhone yang dijalankan dengan sistem operasi iOS. Dalam pengguliran update tersebut, telah dituliskan “Aplikasi berbahaya mungkin dapat menjalankan sembarang kode dengan seizin sistem, masalah ditangani dengan perbaikan manajemen memori.”

Dan untuk perangkat yang mendapatkan pembaruannya kali ini diantaranya yakni paling rendah adalah iPhone 5s, kemudian iPad Air atau versi yang lebih baru, dan iPod generasi keenam. Pembaruan ini sudah mulai digulirkan oleh Apple sejak hari Senin kemarin, sehingga kalian yang termasuk salah satu pengguna perangkat berbasis iOS yang dimaksud seharusnya sudah mendapatkan pembaruan ini.

Sebab iOS 12.4.1 ini memperbaiki celah keamanan, diharapkan seluruh pengguna perangkat iPhone, iPad, ataupun iPod yang menjalankan OS tersebut segera melakukan pembaruan agar sistem keamanan perangkat lebih terjaga.

Bukan cuman menggulirkan pembaruan terhadap celah keamanan pada iOS 12.4 saja, melainkan Apple juga berterima kasih terhadap Ned selaku penemu celah keamanan, serta beberapa kalangan termasuk akun Twitter @Pwn20wnd yang berhasil mengembangkan teknik pembobolan ponsel iPhone, sehingga pihaknya bisa memberikan kode keamanan lebih baik pada sistemnya.

baca juga: Belum Rilis, iPhone 11 Series Edisi Sultan Sudah Bisa Dipesan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.