Uninstall Segera! Aplikasi Populer Ini Dilenyapkan dari Google Play Store Karena Berbahaya

0
12950
Google Play Store Malware
Copyright ©forbes

CamScanner Memiliki Perpustakaan Iklan yang Terinfeksi

Oketekno – Sebagian dari kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi CamScanner ini. Hal tersebut dikarenakan memang kualitas pemindaian yang dihasilkan memang tidak mengecewakan sama sekali. Pengguna bisa mengubah dokumen nyata ke dalam bentuk digital dalam waktu singkat, terlebih juga bisa menyesuaikan ukurannya berdasarkan kebutuhan. Rating yang didapat di Google Play Store lumayan tinggi.

Akan tetapi belum lama ini secara mengejutkan aplikasi pemindaian dokumen (OCR/ Optical Character Recognition) ini mendadak hilang dari toko aplikasi Smartphone Android tersebut. Google melenyapkannya tidak lain karena memang terkandung malware berbahaya di dalam aplikasi tersebut.

Simak Nih: Google Play Store Bersihkan Ribuan Aplikasi Android Berbahaya, Dua Game Populer Ini Termasuk

Peneliti Kaspersky Labs telah menemukan kalau ternyata perpustakaan iklan dari aplikasi tersebut memuat modul jahat yang teridentifikasi sebagai ‘Trojan Dropper AndroidOS Necro n.’ Sehingga aplikasi tersebut sudah tidak aman lagi untuk beroperasi di perangkat pengguna.

Camscanner Dangerous
Copyright ©BGR

“Kaspersky mendeteksi modul ini sebagai Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n, kami telah mengamati hal ini di beberapa aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya pada telepon pintar China. Seperti namanya, modul ini adalah Dropper Trojan,” seperti itulah yang dikatakan oleh Kaspersky dalam laporannya.

Ketahui Yuk: 5 Game Paling Seru yang Malah Absen di Google Play Store

Untuk cara kerjanya sendiri yakni modul tersebut akan mengekstrak dan menjalankan modul jahat lainnya dari file terenkripsi yang disertakan dalam sumber daya aplikasi. Untuk trojan ini nanti akan berubah menjadi trojan downloader, dimana akan mengunduh lebih banyak trojan berbahaya yang bisa mengancam Smartphone pengguna.

Beberapa permasalahan janggal yang akan dihadapi oleh penggunanya yakni seperti mendapati tayangan iklan mengganggu di berbagai tempat. Kemudian untuk kasus yang lebih parah yakni pengguna bisa secara tidak langsung didaftarkan ke layanan berbayar, sehingga pulsa juga bisa terus berkurang seiring berjalannya waktu.

Setelah mendapatkan laporan dari Kaspersky, Google langsung menghapus aplikasi tersebut dari Google Play Store. Akan tetapi modul jahat ini masih bisa berjalan ketika pengguna ponsel masih memasang aplikasi ini di perangkatnya. Oleh karena itu, bagi yang memiliki aplikasi ini segera hapus dari perangkat sekarang.

baca juga: Google Play Store Diperbarui, Ini yang Berubah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.