Meski Diperpanjang, Huawei Mate 30 Terancam Tak Bisa Pakai Google Play Store

0
600
Huawei Mate 30 Tanpa Android
Copyright ©Forbes

Tetap Bisa Jalankan Android

Oketekno – Permasalahan antara perusahaan Huawei dengan pemerintah AS memang masih belum selesai, hingga sekarang pihaknya masih mengalami kendala dalam menjalin kerjasama. Dari sekian banyak perusahaan, salah satu yang paling mengkhawatirkan yakni hubungannya dengan Google selaku pemilik layanan Android, Gmail, YouTube, Play Store dan masih banyak lagi lainnya.

Memang sih untuk sistem operasi Android, Huawei sudah punya penggantinya yaitu HarmonyOS dan telah diluncurkan sejak beberapa hari kemarin. Akan tetapi perusahaan asal China ini mengaku tidak akan menggunakan sistem operasi tersebut dikarenakan masih belum stabil untuk perangkat mobile, dan pihaknya mengklaim kalau masih menggunakan AndroidOS.

Simak Nih: Terbatas dan Hanya Disini, Beli HP Huawei Bisa Dapat Diskon & Bonus Menarik

Akan tetapi kini permasalahan baru muncul lagi, dimana menyebutkan kalau Huawei Mate 30 series yang segera diluncurkan terancam tidak bisa menjalankan Google Play Store, Google Maps, dan aplikasi google lainnya. Sedangkan untuk sistem operasi Android masih bisa dijalankan di ponsel tersebut.

Google Huawei
Copyright ©Android Authority

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Reuters, ada juru bicara Google yang tidak mau diungkap namanya mengatakan kalau layanan dan Aplikasi Google seperti Play Store, Maps, Gmail, dan semacamnya terancam tidak bisa berjalan di flagship terbaru Huawei, termasuk Mate 30 series salah satunya.

Ketahui Yuk: Kata Bos Huawei Soal Sanksi dari Pihak AS, Krisis Hidup dan Mati?

Hal ini dikarenakan masa tenggat waktu 90 hari yang diperpanjang oleh pemerintah AS kemarin tidak berlaku untuk perangkat baru seperti Huawei Mate 30. Dan sistem operasi Android masih bisa dijalankan, sebab memang OS tersebut sifatnya Open Source dan tidak terikat pada Google saja.

Perlu diketahui bahwa sampai saat ini pihak pemerintah AS telah menerima lebih dari 130 dokumen permohonan lisensi dari berbagai perusahaan AS yang meminta untuk menjalin kerjasama dengan Huawei terus. Akan tetapi tidak ada satupun yang sudah dikabulkan oleh Pemerintahan.

Belum diketahui juga apakah dari ratusan perusahaan yang mengajukan permohonan ke pemerintah AS untuk tetap menjalin kerjasama dengan Huawei ini termasuk Google salah satunya. Sebab tidak ada keterangan resmi yang disampaikan oleh perusahaan. Lantas, seperti apakah nasib Mate 30 series ini nanti? Kita tunggu saja update informasi berikutnya.

baca juga: Kapan Smartphone dengan HarmonyOS Dirilis, Huawei?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.