Nasib Huawei Mate 30 Tanpa Aplikasi Google

0
1140
Mate 30 Series
Copyright ©News of the day

Huawei Mate 30 Terancam Tak Bisa Pakai Aplikasi Google

Oketekno – Sama seperti Samsung, dimana Huawei juga meluncurkan setidaknya 2 Smartphone Premium setiap tahunnya. Setelah meluncurkan P30 untuk menandingi Galaxy S10 series, sekarang ini perusahaan asal China tersebut juga tengah mempersiapkan Huawei Mate 30 series yang digadang bakal menjadi pesaing berat Galaxy Note 10 di sejumlah pasar.

Akan tetapi permasalahannya dengan pihak Pemerintah AS sepertinya bakal menjadi penghalang. Memang sih kemarin sudah ada angin segar yang menyatakan kalau jalinan kerjasama dengan Google telah diperpanjang selama 90 hari kedepan. Namun itu tidak berlangsung lama, beberapa hari setelahnya ada sumber anonim dari Google menyatakan kalau aplikasi Google terancam tidak bisa terpasang di ponsel terbaru besutan Huawei.

Simak Nih: Terbatas dan Hanya Disini, Beli HP Huawei Bisa Dapat Diskon & Bonus Menarik

Jadi bisa dipastikan kalau yang dikatakan oleh sumber tersebut, Huawei Mate 30 series menjadi salah satu diantaranya. Walaupun demikian, sistem operasi Android masih bisa dijalankan di ponsel tersebut dikarenakan memang sifat dari OS besutan Google ini adalah Open-Source, bisa dikembangkan atau dimiliki oleh siapapun yang berhasil memodifikasinya.

Huawei Mate 30 Pro
Copyright ©Digital Trends

Namun percuma saja kalau sistem operasi Android bisa terpasang, akan tetapi aplikasi seperti Google Play Store, YouTube, Gmail, Google, Chrome, dan beberapa layanan lain kalau tidak bisa dijalankan. Tentu fungsi dari Smartphone Huawei Mate 30 series atau mungkin ponsel lain yang akan diluncurkan tidak bisa maksimal, sehingga ada kemungkinan juga tidak laku di pasaran.

Ketahui Yuk: Meski Diperpanjang, Huawei Mate 30 Terancam Tak Bisa Pakai Google Google Play Store

Meski demikian, Huawei tidak akan lumpuh total dikarenakan masih bisa memasarkan produknya secara normal di pasar Smartphone China. Perlu diketahui bahwa vendor ini mengandalkan OS Android dan juga aplikasi Google ketika hadir di pasar Internasional, sedangkan untuk pasar China pengguna sudah terbiasa dengan aplikasi buatan lokal yang mampu menggantikan aplikasi Google. Sebab raksasa internet ini memang terblokir oleh Pemerintah China sudah sejak lama.

Sebelumnya sudah ada perwakilan dari Huawei yang mengatakan kalau pihaknya masih menggunakan ekosistem Android sebagai pilihan utamanya. Dan konsumen diminta untuk bersabar menunggu produk terbarunya, dimana Huawei Mate 30 series juga menjadi salah satu diantaranya. Lantas, seperti apakah nasib software dari ponsel Premium tersebut? Kita tunggu saja.

baca juga: 3 Rekomendasi Smartphone Sejutaan Realme Terbaik Dual Kamera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.