Membandingkan Keamanan Aplikasi WhatsApp dengan Telegram

0
322
WhatsApp Vs Telegram
Copyright ©Cyberbannews

Bandingkan Keamanan Telegram dan WhatsApp

Oketekno – Siapa sih yang tidak kenal dengan layanan WhatsApp? Platform pesan instant terpopuler di Dunia. Hampir semua orang tentu menggunakan aplikasi ini sebagai layanan komunikasi utama di perangkatnya. Selain jumlah penggunanya yang memang banyak, aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam akses, dan keberagaman fitur.

Dibandingkan dengan platform pesaing seperti Telegram misalnya, ada banyak sekali perbandingan yang bisa diketahui. Bukan cuman kemudahan dalam akses, melainkan fitur-fitur di dalamnya juga berbeda, sehingga minat pengguna yang menggunakan platform pesan instant tersebut berbeda juga.

Simak Nih: Trik Sembunyikan Status WhatsApp dari Orang Tertentu

Pada pembahasan berikut, akan disampaikan terkait perbandingan kedua platform pesan instant tersebut dari segi keamanan data. Katanya sih Telegram lebih baik ketimbang aplikasi WhatsApp, kok bisa seperti itu? Mari kita lihat pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

WhatsApp Dark Mode
Copyright ©BGR India
  • WhatsApp

Beberapa waktu terakhir ini Facebook sebagai induk perusahaan yang bertanggung jawab atas layanan aplikasi WhatsApp telah berencana untuk tayangkan iklan di platform pesan instant tersebut. Awalnya ada ungkapan kalau raksasa sosial media itu akan menggunakan data W.A seperti terkhir dilihat, dan beberapa aktivitas lain untuk penayangan iklan relevan.

Akan tetapi tidak lama setelahnya, Facebook mengklaim kalau data pengguna WhatsApp tetap aman dan tidak dicampurkan dengan masalah iklan. Masalah relevansi iklan di W.A, perusahaan ini mengaku akan menggunakan data penggunanya yang ada di FB.

Masalah enkripsi, Aplikasi WhatsApp menggunakan end-to-end sehingga pihak FB ataupun pihak ketiga tidak mengetahui akses konten pengguna. Namun bisa saja berubah di masa mendatang, sebab ada rencana integrasi penggabungan platform dengan Messenger dan Instagram.

Kemudian untuk data privasi, telah disediakan opsi mengunduh segala informasi yang disimpan oleh server WhatsApp. Namun keamanan bisa saja terbuka bebas, ketika pengguna memilih untuk mencadangkannya di layanan cloud seperti iCloud ataupun G-Drive.

Ketahui Juga: 3 Fitur Chatting WhatsApp yang Masih Belum Diketahui Banyak Penggunanya

Lihat Keamanan yang ditawarkan Telegram di Halaman Berikutnya>>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.