Google Indonesia Punya Aturan Baru, YouTube Diminta Tirukan!

0
456
Google YouTube
Copyright ©sinorusfocus

PPN Mulai Diberlakukan Untuk Google AdSense Bulan Depan

Oketekno – Sebagai pengguna layanan Google, terutama untuk pengiklan atau biasa kita kenal dengan Adsense harus mengetahui tentang peraturan baru yang diterapkan oleh sang raksasa internet satu ini. Ya, ini tidak lain dikarenakan para pengguna yang memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan penghasilan, kedepan bakal dikenakan PPN 10%.

Dari informasi yang dikutip dari Liputan6, menyebutkan kalau PT Google Indonesia telah resmi mengumumkan kalau pihaknya akan mulai memberlakukan penarikan pajak PPN 10% ini bagi siapa saja yang menggunakan layanan Google Ads mulai tanggal 1 Oktober 2019 mendatang.

Simak Nih: Nasib Huawei Mate 30 Tanpa Aplikasi Google

Tentu saja pemerintah Indonesia kedepan bakal mendapatkan pemasukan yang lebih besar di periode berikutnya. Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Hestu Yoga Saksama telah menyampaikan, ini kiat baik dari Google Indonesia dan patut ditiru oleh platform lain seperti YouTube dan semacamnya.

Formulir 1111 Pajak
Copyright ©klikpajak

“Itu merupakan niat baik dari yang bersangkutan untuk mulai menerapkan PPN atas penyerahan jasa (google ads) yang dilakukan di Indonesia. Mereka akan menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP), memungut, membayar dan melaporkan PPN sebagaimana PKP yang lain,” seperti itulah yang disampaikan oleh Yoga Saksama, sebagaimana dikutip dari media Liputan6, Senin (2/9/2019).

Ketahui Yuk: Play Store Diperbarui, Ini yang Berubah!

Selain itu, Yoga juga menyampaikan kalau penarikan PPN 10% dari Google Indonesia ini diharapkan bisa dilakukan juga oleh perusahaan Over-The-Top lainnya seperti Facebook, YouTube, hingga Twitter. Dan memang sudah seharusnya perusahaan seperti itu ikut pada regulasi yang berlaku di Indonesia, yakni membayar pajak.

“Kami sangat mengapresiasi hal tersebut sebagai bentuk kepatuhan perpajakan yang baik dari PT Google Indonesia. Kita berharap perusahaan OTT lainnya juga memiliki niat baik yang sama, yaitu untuk lebih patuh di bidang perpajakan,” jelas Yoga terhadap media, dimana ditujukan untuk perusahaan OTT di Indonesia.

Dikarenakan peraturan baru ini, seluruh penjualan Iklan Google akan dikenakan PPN 10%. Dan tentu saja perubahan ini akan berpengaruh terhadap akun Ads kalian, dan menjadikan alamat yang tercantum sebagai alamat penagihannya. Untuk keterangan lebih jelas bisa dilihat di laman resmi Google Indonesia.

baca juga: Uninstall Segera! Aplikasi Populer Ini Dilenyapkan dari Google Play Store Karena Berbahaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.