Kata Kemkominfo Soal Aturan Blokir Ponsel Black Market yang Belum Diterapkan

0
544
Ponsel Black Market
Copyright ©Propakistani

Tentang Pemblokiran Ponsel Black Market di Indonesia

Oketekno – Bulan kemarin ramai diperbincangkan terkait pemblokiran Ponsel Black Market di Indonesia. Untuk segala persiapan dikatakan sudah siap dan tinggal tanda tangan 3 Kementerian untuk mengesahkan peraturan itu. Dan dijadwalkan bertepatan acara kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 kemarin. Namun ternyata ditunda, sebab pada hari itu memang waktunya libur bagi para pejabat alias off kerja.

Dan kini bulan Agustus 2019 dimana dirumorkan menjadi bulan awal pemblokiran Ponsel Black Market sudah lewat, akan tetapi masih belum ada langkah untuk penerapan soal tersebut. International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang tidak terdaftar di Kemenperin sampai saat ini masih bisa mendapatkan jaringan sebagaimana biasanya.

Simak Nih: Tips Kenali Smartphone Resmi dan Ponsel Black Market Xiaomi

Sampai kini masih belum ada berita perkembangan resmi soal pemblokiran Smartphone BM di Indonesia ini. Entah itu sekedar peresmian peraturannya saja, atau mungkin langkah pengujian internal pemblokiran Smartphone BM itu sendiri. Bagaimana ini Kemkominfo?

Ponsel Black Market masih Lama
Copyright ©Tirto

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari detikINET, Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Direktorat Jenderal SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bernama Mochamad Hadiyana telah mengatakan “Kemkominfo telah menyelesaikan draft peraturan menteri terkait pembatasan akses layanan seluler untuk perangkat handphone, komputer genggam dan tablet (HKT) yang memiliki IMEI yang tidak memenuhi ketentuan,”

Ketahui Yuk: Pengguna Ponsel Black Market Wajib Tau Hal Ini

Selain Kemkominfo, Kementerian Perdagangan juga sudah mempersiapkan draft terkait rencana pemblokiran HP BM di Indonesia ini. Akan tetapi yang masih belum kelar adalah Kementerian Perindustrian, dimana pihaknya membutuhkan waktu lebih lama dalam mempersiapkan pengelolaan database IMEI Nasional.

Kalau memang ketiga Kementerian ini sudah siap, masih bakal ada proses lagi selama beberapa waktu sebelum pada akhirnya peraturan Ponsel Black Market mulai diresmikan dan berjalan sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya. Beberapa pekan lalu ada dugaan kalau rencana ini baru selesai dan berjalan kondusif maksimal 6 bulan setelah pengesahan, jadi bisa saja tahun depan baru ada sistem blokir jaringan untuk HP BM.

baca juga: Penerapan Pemblokiran Ponsel Black Market di Indonesia Masih Lama?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.