Update Windows 10 Terbaru Bikin PC Makin Lemot, Microsoft Kok Terdiam Saja?

0
502
Copyright ©Wordpress

Update Windows 10 Buat PC Makin Lemot

Oketekno – Pembaruan untuk sistem operasi Windows 10 memang masih terus berlanjut, Microsoft melakukan berbagai macam inovasi untuk menjadikan sistem operasi Desktop itu bisa berjalan dengan lancar dan menjadikan sistem pengoperasiannya menjadi lebih baik dan lancar. Dan yang terbaru, raksasa software ini telah menggulirkan versi KB4512941.

Update Windows 10 Build 18362.329 ini telah memperbaiki sejumlah masalah yang terjadi di versi sebelumnya. Akan tetapi dalam pembaruannya kali ini Microsoft dianggap malah mendatangkan masalah baru bagi penggunanya.

Simak Nih: Windows Phone Resmi Dimatikan, Microsoft: Silakan Beralih ke Android atau iPhone!

Mereka yang sudah melakukan pembaruan mengeluh kalau perangkat miliknya mengalami peningkatan resource (sumber daya) cukup signifikan. Keluhan paling utama terjadi pada layanan Cortana yang memakan resource jauh lebih besar jika dibandingkan versi sebelumnya.

Cortana Lama
Copyright ©How-To Geek

Sebagaimana dilansir dari media KompasTekno, Process SearchUI.exe yang masuk ke layanan Cortana untuk CPU bisa mencapai 40%, kemudian untuk memori bisa sampai 100MB hingga 200MB. Dengan demikian, perangkat akan lebih cepat panas ketika dipakai, dan saat menjalankan aplikasi tertentu bisa saja terjadi lag/tidak lancar. Belum lagi kalau di perangkat Laptop, bisa lebih cepat menghabiskan baterai.

Ketahui Yuk: Pengguna Smartphone Android Bisa Tampilkan Notifikasi di Windows 10, Caranya?

Kalau memang kalian sebagai pengguna merasa kesal dengan update Windows 10 versi ini, bisa langsung mengembalikannya ke versi lama. Akan tetapi kalau ingin bertahan di versi ini, bisa membunuh layanan Cortana sementara waktu dengan cara masuk ke registry editor, dan ubah
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Search.
Lalu cari BingSearchEnabled dan ubah angkanya menjadi 1.

Masih belum diketahui pasti penyebab layanan Cortana yang semakin rakus ini, dikarenakan pihak Microsoft juga tidak memberikan keterangan detail terkait pembaruannya. Bisa jadi karena proses integrasinya yang semakin banyak terhadap pencarian itu, sehingga membuat Cortana makin berat di Windows 10 terbaru.

Beberapa pengguna sudah melaporkan permasalahan yang tengah dialaminya ini ke pihak Microsoft, akan tetapi masih belum juga mendapatkan tanggapan terkait masalah update Windows 10 tersebut. Apakah di versi berikutnya bakal dibenahi? Kita tunggu saja.

baca juga: Penyebab Shutdown di Windows 10 Terbaru Terasa Lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.