Facebook Hentikan Penandaan Otomatis Wajah Penggunanya

0
362
WhatsApp and Facebook
Copyright ©CNet

Wajah Pengguna Tidak Lagi Dikenali Otomatis di FB

Oketekno – Layanan sosial media Facebook menawarkan berbagai macam kemudahan terhadap penggunanya, salah satu yang paling sering digunakan tanpa sadar oleh penggunanya adalah penandaan wajah orang di setiap fotonya. Terkadang secara otomatis ketika kita mengunggah foto, maka akan langsung ada nama akun FB mereka ketika cursor diarahkan ke wajahnya.

Cukup bermanfaat sih ini memang, dikarenakan teman-teman lama yang sudah mulai kabur ingatannya tentang wajah teman, bisa tau dengan jelas melalui fitur ini. Akan tetapi kini raksasa sosial media itu malah memutuskan untuk mematikannya secara default.

Simak Nih: Sederet Pemikiran Pendiri WhatsApp yang Crash dengan Facebook

Dengan demikian, pengguna sudah tidak lagi menandai secara otomatis foto teman mereka yang di posting. Akan tetapi pengguna masih bisa menggunakan fitur tagging ini secara manual, atau mengaktifkannya secara otomatis melalui menu pengaturan.

Tagging Facebook
Copyright©Gizbot

“Mulai hari ini, pengguna yang baru bergabung ke Facebook atau yang sebelumnya memiliki pengaturan tag suggestion  akan melihat pengaturan pengenal wajah (face recognition) dan mendapat informasi bagaimana cara kerjanya. Pengaturan  tag suggestion, yang hanya mengatur apakah kami bisa menyarankan teman menandai Anda di foto atau video menggunakan pengenal wajah, tidak lagi tersedia. Pengguna masih bisa secara manual menandai teman, namun kami tidak lagi menyarankan Anda ditandai jika Anda tidak menyalakan pengenalan wajah,” seperti itulah yang disampaikan oleh Kepala Riset Terapan Facebook AI, Srinivas Narayam, yang dituliskan dalam blog resmi FB.

Dalam laman penjelasan yang sama, layanan jejaring sosial terbesar di Dunia ini telah memberikan juga penjelasan tentang cara mengaktifkan atau mematikan fitur tersebut melalui menu pengaturan. Dengan demikian, mereka yang menjaga banget privasinya dan tidak ingin dikenali oleh orang lain dengan mudah bisa lebih terbantu berkat adanya pembaruan tersebut.

Perlu diketahui bahwa fitur pengenalan wajah atau Face Recognition ini telah hadir pertama kali di Facebook pada tahun 2017 akhir, berkat adanya fitur ini memungkinkan pengguna lain mengetahui foto siapakah yang ada dalam postingan tersebut dengan jelas.

baca juga: Tidak Ada Lagi Jumlah Like di Facebook?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.