Kata Xiaomi Soal Pemasarannya yang Menurun di Indonesia

0
613
Xiaomi Smartphone
Copyright©Mi Blog

Smartphone Xiaomi Lesu di Indonesia

Oketekno – Sebagian besar masyarakat Indonesia sekarang ini telah memilih Smartphone Xiaomi sebagai teman sehari-harinya menjelajah Dunia Maya, main sosial media, streaming, hingga bermain game. Banyak sekali jenis ponselnya yang beredar di Tanah Air, dan paling baru kemarin adalah Redmi Note 7, Redmi 7, dan Redmi 7A.

Meski sebenarnya sudah berusaha menggeber pemasarannya, namun sayang Xiaomi masih terlihat kalah dibanding ponsel lain asal China yang juga bertarung di Tanah Air. Seperti OPPO misalnya yang kini menduduki peringkat pertama menurut lembaga riset Canalys.

Simak Nih: Bocoran Spesifikasi Mi Mix 4 yang Bakal Rilis Bulan Ini, Usung Kamera 108MP!

Canalys menyebutkan kalau Vendor Smartphone murah ini mengalami penurunan market share sebesar 9% secara Year on Year. Sedangkan dari lembaga riset IDC menyebutkan kalau pemasarannya telah mengalami penurunan dari 25% untuk tahun lalu ke 16.8% saja tahun ini.

MIDC Indonesia
Copyright©Mi Blog

“Kami tidak mau mengomentari cara periset karena mereka memiliki justifikasinya masing-masing,” seperti itulah tanggapan dari salah seorang perwakilan Xiaomi Indonesia sebagaimana dilansir dari media KompasTekno dalam Konferensi Pengembang Xiaomi (MIDC) di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Selain itu, ia menyebutkan kalau sekarang ini pihaknya memang tengah melakukan perubahan untuk strategi pemasaran yang baru. Akan tetapi tidak disebutkan secara mendetail seperti apakah perubahan yang bakal dilakukan terhadap pasar Smartphone Indonesia mendatang.

Ketahui Yuk: Dirilis, Berikut Spesifikasi Utama dan Harga Xiaomi Mi 9T Pro

Disamping itu, Risky Febrian yang sebagai Analis IDC telah menyebutkan kalau penurunan pemasaran Smartphone Xiaomi ini bukan cuman dikarenakan perubahan bisnis saja, melainkan juga ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi. Misalnya yakni seperti ketatnya sang vendor untuk mengendalikan harga produk populernya, seperti Redmi Note 7 seperti itu.

Beberapa konsumen sempat mengeluh kalau produk Redmi Note 7 sulit untuk didapatkan di pasar offline. Akan tetapi untuk sekarang ini sepertinya sudah tidak lagi, dan unit penyebarannya sudah merata ke seluruh Indonesia.

Disisi lain dari IDC dan Canalys, ternyata Counterpoint Research yang melaporkan Samsung masih berkuasa di pasar Smartphone Indonesia dan Realme berhasil masuk posisi Top 5, juga menyebut kalau Xiaomi mengalami peningkatan sebesar 2% dibanding tahun kemarin, sehingga penguasaan totalnya sekarang 21%.

baca juga: Beredar di Indonesia, Segini Harga Xiaomi Mi A3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.