Masalah Pertama Android 10 Setelah Rilis ke Publik

0
1115
Pixel Smartphone
Copyright©BGR

Belum Banyak yang Terdampak Masalah Ini

Oketekno – Beberapa hari kemarin sistem operasi Android 10 sudah mulai disebarluaskan oleh Google. Walaupun sudah melewati masa uji coba yang cukup lama dan mengalami berbagai pembaruan, versi stable yang dikirimkan untuk pengguna Pixel dan Essential Phone ini ternyata masih memiliki masalah.

Untuk bug yang terjadi ketika pengguna telah memasang sistem operasi Android terbaru dari Google ini yaitu matinya sejumlah fitur yang ada pada perangkat Smartphone tersebut. Cukup banyak sensor yang tidak berfungsi disini, diantaranya yakni Active Edge, Auto Rotate, Auto Brightness, Double Tap to Wake, dan juga Lift to Wake.

Baca Juga: Mulai Diluncurkan, Ini Smartphone Pertama yang Mendapatkan Android 10

Dikarenakan dukungan update masih belum dihadirkan secara luas terhadap Smartphone Android, maka permasalahan ini masih belum meluap ke banyak pengguna. Sebagaimana dilansir dari Android Authority, kebanyakan masalah tersebut terjadi pada pengguna Pixel 3XL, dan sebagian kecil pengguna Smartphone Pixel generasi pertama.

Android 10 Smartphone
Copyright©cnet

“Saat saya melakukan panggilan telepon, layarnya menjadi gelap dan tak bisa dinyalakan lagi baik dengan swipe layar atau menekan tombol power. Semua telepon dialihkan ke voicemail, dan anda tak bisa melihat tombol dial untuk merespon,” seperti itulah salah satu keluhan dari pengguna Pixel yang telah melakukan pembaruan OS ke Android 10.

Baca Juga: Penampakan Samsung Galaxy S10 Series dengan Android 10

Beberapa pengguna mengaku kalau dirinya berhasil menyelesaikan masalah yang dialami oleh banyak pengguna Android 10 ini, dengan cara melakukan downgrade ke sistem operasi sebelumnya, Android Pie. Dan tentu saja, cara ini tidak bisa dilakukan dengan mudah oleh semua kalangan, sebab beberapa diantara mereka ada yang tidak berani mengoprek perangkatnya lebih jauh, atau memang belum tau caranya.

Mungkin kalian menjadi salah satu pengguna Smartphone Google Pixel series atau malahan punya Essential Phone. Jika memang demikian, alangkah lebih baik jika menahan diri terlebih dahulu agar tidak melakukan update ke Android 10 versi terbaru berikut, kalau ada rekomendasi sebaiknya diabaikan saja dahulu, hingga masalah ini benar-benar diperbaiki dalam update berikutnya.

baca juga: Muncul di Geekbench, Samsung Galaxy A71 Pakai Android 10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.