Google Dituding Apple Sebar Ketakutan ke Pengguna iPhone Lewat Malware Ini

0
303
Celah Keamanan iPhone
Copyright©Tirto

Google Kena Boomerang dari Apple?

Oketekno – Sebelumnya Google Project Zero telah menemukan adanya celah keamanan yang bisa mengancam perangkat Smartphone iPhone penggunanya. Ada sebuah situs yang memungkinkan dapat memasukkan malware tanpa melakukan hal apapun terhadap perangkat besutan Apple tersebut. Tentu ini menjadi kekhawatiran pengguna ponsel yang cukup luar biasa.

Dan tidak lama setelahnya, tanggapan pun datang dari Apple yang mengatakan kalau Google hanyalah menyebarkan ketakutan tak berdasar ke publik melalui laporan ini. Memang sih perusahaan yang berada dibawah pimpinan Tim Cook itu tidak menyangkal tentang kehadiran situs berbahaya tersebut.

Baca Juga: Akankah Apple Mau Rilis iPhone Terbaru Seharga Rp 7 Jutaan Nanti?

Sebagaimana dilansir dari media The Verge, Apple cuman menuding kalau Google menebar ketakuan pada pengguna iPhone dengan menyiratkan kalau perangkatnya sudah terkompromi. Ini dikarenakan Raksasa Internet itu menganggap Apple telah menutupi sejumlah informasi penting terhadap adanya celah yang membahayakan tersebut.

Copyright ©TechCrunch

“Serangan tersebut sebenarnya difokuskan secara sempit, bukan exploit yang menyebar untuk semua iPhone seperti yang dideskripsikan (Google). Serangan tersebut berdampak pada kurang dari selusin situs yang berfokus pada konten terkait komunitas Uighur,” seperti itulah kalimat pernyataan Apple menanggapi tudingan Google.

Baca Juga: Ini Link Live Streaming Perilisan iPhone 11 Series di YouTube

Bukan cuman perangkat Apple saja yang terkena serangan tersebut, melainkan sejumlah perangkat lain termasuk Windows dan Android juga bisa saja terkena serangan ini. Akan tetapi Google tidak memberikan deskripsinya lebih detail tentang serangan tersebut.

Apple sendiri mengaku sudah memperbaiki celah keamanan ini sejak bulan Februari kemarin, lebih tepatnya 10 hari setelah menyadari akan kehadiran masalah keamanan tersebut. Dan perusahaan asal Cupertino ini juga mengaku kalau saat dihubungi pihak Google, pihaknya sudah mulai proses perbaikan celah keamanan tersebut.

Disisi lain, tidak diketahui apakah Google telah mengetahui dan sudah memperbaiki celah keamanan yang memungkinkan pengguna Android terkena serangan ini juga atau tidak. Selain itu, apakah alasannya cuman perangkat Apple saja yang disebutkan menjadi korban dari situs berbahaya tersebut.

baca juga: Inikah Nama Ketiga Smartphone iPhone Apple yang Segera Rilis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.